Sukses

1 Juta Buruh Peringati May Day, Sudirman-Thamrin Akan Diblokir

Aksi unjuk rasa akan digelar serentak di 20 provinsi pada 1 Mei 2013.

Sekitar 1 juta buruh dari berbagai organisasi akan berunjuk rasa memperingati hari buruh dunia atau May Day. Aksi itu akan digelar serentak di 20 provinsi pada 1 Mei mendatang. Salah satu isu yang diusung adalah penolakan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM)

"Serentak akan dimulai pukul 09.00 Wib di 20 provinsi," kata Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Mudhofir di Jakarta, Senin (22/4/2013).

Aksi ini rencananya akan diikuti oleh buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), KSBSI, dan organisasi buruh non-konfederasi, yaitu DPTNTSK, Serikat Pekerja Aspek Indonesia, SPIN, dan SBI.

Khusus di Jakarta, aksi May Day akan diikuti oleh 200 ribu buruh yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Para buruh ini akan berunjuk rasa di depan Istana Merdeka dan sejumlah lokasi lainnya.

"Kami akan menutup dua ruas jalan Sudirman-Thamrin yang akan berpusat di Bundaran Hotel Indonesia dan langsung melakukan aksi di depan Istana Presiden," ungkap Mudhofir.

Selain Istana Merdeka, para buruh juga akan mendatangi Kantor Kementerian dan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Dari 200 ribu buruh itu akan dipecah kembali, ada yang berorasi langsung di DPR dan juga akan ada yang beraksi di 4 kementerian terkait yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, BUMN, dan dan Kemenkosra," ujarnya.

Unjuk rasa ini, tambah dia, merupakan aksi damai. Para buruh tidak akan bertindak anarkis karena hanya menuntut hak. "Saya pastikan tidak akan ada anarki, karena saya sudah pastikan kepada pihak berwajib Jakarta Pusat tidak akan ada anarki dalam aksi ini, karena ini adalah aksi damai," kata Modhofir. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini