Sukses

Jokowi: Lelang Jabatan Itu Reformasi Birokrasi Yang Benar!

Menunjukkan prestasi dulu, baru memberi sesuatu. Kalau remunerasi itu memberikan sesuatu dulu baru disuruh berprestasi

Berdasarkan pengumuman yang disampaikan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Propinsi DKI Jakarta, hari ini merupakan batas akhir pedaftaran lelang jabatan lurah dan camat atau seleksi dan promosi jabatan terbuka camat dan lurah tahap pertama.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan kebijakan lelang jabatan menjadi penataan awal dari reformasi birokrasi di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini. Ia pun mengklaim, apa yang dilakukan olehnya merupakan bentuk penataan birokasi yang paling baik.

"Reformasi birokrasi yang benar itu ya seperti ini. Artinya, menunjukkan prestasi dulu, baru memberi sesuatu. Kalau remunerasi itu memberikaan sesuatu dulu baru disuruh berprestasi," ujar Balaikota DKI Jakarta, Senin, (22/4/2013).

Kemudian, ia mengatakan, dengan melakukan lelang jabatan ini, pihaknya mampu menempatkan seorang birokrat sesuai dengan kemampuan dan keahliannya masing-masing.

"Ada asessment, ada tahapan psikotesnya, tes kepribadian, jadinya kita ngerti staf ini cocok di mana? Administrasi, atau punya leadership jadi lurah, atau perlu disuntik kekurangannya apa. Semua akan kelihatan dalam proses itu," kata dia.

Ia pun menargetkan, pada bulan depan program tersebut segera rampung. "Udah lebih setengah jalan, akhir Mei ini sudah ketemu orang-orangnya," kata Jokowi.

Waktu pendaftaran sistem dan promosi jabatan terbuka ini menurut jadwal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dimulai 8 April hingga 22 April 2013. Proses seleksinya akan dilakukan selama 2 bulan secara bertahap.

Kemudian rencananya calon lurah dan camat yang lolos akan dilantik pada 21 Juni 2013, bertepatan dengan ulang tahun Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi dan juga HUT ke-486 DKI. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.