Sukses

VIDEO: Meski Distribusi Soal Tersendat, UN SMP Berjalan Lancar

Meski ada sejumlah kendala, secara umum palaksanaan UN SMP di sejumlah daerah pada hari pertama ini berjalan cukup lancar.

Meski mengalami sejumlah kendala, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk siswa SMP dan sederajat di sejumlah daerah secara umum berjalan dengan lancar. Pada hari pertama ini, para siswa mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Di Salatiga, Jawa Tengah, pengambilan soal di Dinas Pendidikan setempat dilakukan sejak pagi hari, Senin (22/4/2013). Meski pintu ruang penyimpanan soal UN belum dibuka, sejumlah perwakilan sekolah sudah memadati kantor tersebut untuk mengambil materi UN.

Soal-soal itu dikirim ke sekolah-sekolah dengan pengawalan yang cukup ketat. Di Salatiga ini, UN diikuti oleh lebih dari 3.000 siswa SMP dan sederajat.

Sementara di Kupang, Nusa Tenggara Timur, UN SMP juga berlangsung lancar. Setidaknya ada 5.867 siswa SMP di Kupang yang ikut UN. Namun, belum diketahui pelaksanaan UN di wilayah NTT lainnya, seperti Flores, Sumba, Alor, Sabu, dan Rote. Pendistrbusian soal UN terakhir untuk wilayah Rote dan Sabu menggunakan helikopter pada pukul 16.00 Wita kemarin sore.

Untuk wilayah Atambua, UN baru dilaksanakan pada pukul 12.00 Wita. Pelaksanaan UN di Atambua mengalami keterlambatan karemna bahan ujian tiba di sekolah-sekolah pada siang hari.

Tak beda dengan daerah lain, pelaksanaan UN di Papua Barat juga dilaporkan berjalan lancar. Setidaknya, lebih dari 12 ribu siswa SMP dan sederajat di Provinsi Papua Barat yang mengikuti UN.

Di Manokwari, Papua misalnya, secara umum UN berjalan lancar. Namun sebagian siswa, seperti di SMPN 3 Manokwari, justru menghadapi sejumlah kesulitan. Guru-guru pengawas harus memandu para siswa untuk mengisi formulir biodata, termasuk cara mengisi jawaban materi UN di lembar jawaban. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini