Sukses

Mendagri: Pemimpin Otda Baru Harus Bisa Sejahterakan Rakyat

"Peresmian ini sebagai pencanangan agar pemerintah daerah dan masyarakat dapat lebih meningkatkan pelaksanaan pembangunan," kata Mendagri Gamawan.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi meminta para gubernur, bupati dan walikota yang baru dilantik di 11 daerah otonom baru bisa lebih berperan aktif membangun daerah dan menyejahterakan masyarakat. Sebanyak 1 gubernur dan 10 Bupati/walikota dilantik Mendagri hari ini.

"Peresmian ini sebagai pencanangan agar pemerintah daerah dan masyarakat dapat lebih meningkatkan pelaksanaan pembangunan daerah. Dan juga agar bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakatnya secara lahir dan batin," kata Gamawan di Gedung Kemendagri, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Dalam acara peresmian itu, Gamawan yang nota bene mantan Gubernur Sumatera Barat itu menekan tombol sirene di atas panggung sebagai tanda peresmian. Ia juga menandatangani peresmian di atas batu prasasti berwarna hitam. Selanjutnya, para pejabat baru itu diambil sumpah yang dipimpin Mendagri Gamawan Fauzi.

Kesebelas daerah otonomi daerah yang diresmikan kemendagri adalah Provinsi Kalimantan Utara, Kota Pangandaran (Jawa Barat), Kabupaten Pesisir Barat (Lampung), Manukwari Selatan (Papua Barat), dan Pegunungan Arfa (Papua Barat).

Kemudian Mahakam Ulu (Kalimantan Timur). Malaka (Nusa Tenggara Timur), Banggai Laut (Sulawesi Tengah), Taliabu (Maluku Utara), Penukal Abab (Sumatera Selatan), dan Kolaka Timur Sulawesi Tenggara.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini