Sukses

Wakapolri: Anggota Polri Jangan Jadikan Media Sebagai Momok

Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna mengatakan seluruh anggota Polri harus menjadi public relations bagi institusinya.

Wakapolri Komjen Pol Nanan Soekarna mengatakan, seluruh anggota Polri harus menjadi public relations bagi institusinya. Sebab, dalam era keterbukaan informasi seperti sekarang, informasi tidak harus disampaikan oleh pimpinan bagian hubungan masyarakat saja.

"Bintara sekalipun adalah leader, semua anggota Kepolisan adalah public relations," kata Nanan saat berpidato dalam Seminar Sekolah Mahasiswa STIK-PTIK Angkatan ke-59 di Jakarta, Senin (22/4/2013).

Selain itu, Nanan meminta anggotanya mengubah pola pikir yang militeristik. Sebab, struktur dalam polisi itu sama rata, tidak seperti struktur militer yang harus menunggu persetujuan atau perintah untuk mengambil keputusan untuk bicara pada media.

"Polsek, Polres, dan Polda, semua punya pokok kerja yang jelas seperti Harkamtibmas (Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat). Kapolsek berbicara pada media, dia punya kewenangan penuh, tidak tunggu perintah Kapolri dan Kapolda karena harus tanggung jawabkan tugasnya ditingkatnya," ungkapnya.

Untuk itu, jenderal bintang 3 ini meminta polisi tidak lagi takut berbicara pada media. Nanan berharap keberadaan media mendukung tugas pokok dan fungsi Polri yang ada. "Media jangan dijadikan momok, tapi harus jadi bagian dari Sispindep, sistem sinergi polisional inter departemen," kata Nanan. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.