Sukses

Partai Nasdem Daftarkan 39,8% Caleg Perempuan

Ada 1 dapil yang isinya caleg perempuan dan hanya ada 2 orang caleg laki-laki.

Partai Nasdem menyatakan tak kesulitan memenuhi kuota keterwakilan perempuan dalam daftar calon legislatif. Partai yang dipimpin oleh Surya Paloh ini mengklaim menempatkan perempuan sebanyak 39,8 persen dalam daftar caleg sementaranya yang akan didaftarkan ke KPU.

"39,8 Persen adalah caleg perempuan atau sekitar 40 persen perempuan. Jadi memang 223 orang dari 560 orang yang didaftarkan menjadi caleg adalah perempuan," kata Ketua Bapilu Partai NasDem Ferry M Baldan usai menyerahkan DCS ke KPU Pusat, di Kantor KPU, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Bahkan menurutnya, ada 1 dapil yang isinya caleg perempuan dan hanya ada 2 orang caleg laki-laki. "10 orang perempuan mendapatkan nomor urut 1 itu ada di 10 dapil, dan ada beberapa dapil hanya 2 orang laki-lakinya dan hanya ada 4 orang laki-lakinya," tutur Ferry.

"Jadi kami memberikan porsi banyak untuk perempuan. Karena banyak peran yang bisa diharapkan oleh pilitisi perempuan yakni soal ketekunan.  Ini adalah permulaan untuk memperbaiki negeri untuk bisa menempatkan orang-orang yang punya integritas," ujarnya.

Menurutnya, sekitar 50 persen dari 560 bakal calegnya itu diisi anak-anak muda, dan 10 persen itu pendatang baru yang belum pernah berpolitik. Ferry mencontohkan mantan atlet bulutangkis Ricky Subagja dan mantan pelatih Timnas Indonesia Neil Maizar. "Diharapkan yang baru ini bisa membawa perubahan," ujarnya.

Ferry menjelaskan, partainya mendapatkan politisi baru dalam melakukan perjuangan dan perubahan di parlemen yang telah didaftarkan melalui DCS. Karena itu, dia mengaku partainya tidak ada kesulitan dalam memenuhi dan mendapatkan politisi yang memiliki integritas dalam berjuang di parlemen. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini