Sukses

Lembar Jawaban UN SMP Tipis dan Soal Berantakan

Tak sedikit siswa harus berhati-hati saat menghapus atau melingkari jawaban karena lembar jawaban UN tipis.

Murid murid di SMPN 118 Jakarta mengeluhkan lembar jawaban Ujian Nasional (UN) tipis. Sehingga tak sedikit siswa harus berhati-hati saat menghapus atau melingkari jawaban.

"Tipis lembar jawabannya. Takut hapusnya. Hurufnya hilang kalau dihapus," ungkap Fitri (15), siswa SMPN 118 selesai Ujian Nasional (UN) di Jakarta, Senin (22/4/2013).

Selain itu, ucap Fitri, susunan soal juga tidak beraturan. Dia mencontohkan, soal nomor 1 sampai 5 berada di halaman 1, tapi nomor 6 dan selanjutnya ada di halaman 4. "Jadi kita harus bolak balik soal. Buang waktu juga," tambahnya.

Mengenai keluhan itu, Kepala SMPN 118 Hanom Iskandar tidak mengetahuinya. Sebab ia memang tidak diperbolehkan membuka soal. Meski begitu, Hanom tetap meyakinkan siswa untuk tidak percaya dengan kunci jawaban yang mungkin saja diterima dalam bentuk apa pun.

"Mungkin kualitasnya yang kurang bagus atau mungkin juga sudah disesuaikan dengan scaner-nya," kata Hanom.

Pada hari pertama UN, seluruh siswa berjumlah 238 siswa mengikuti ujian di 12 ruang yang ada. Termasuk di dalamnya, 4 siswa tuna grahita.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.