Sukses

Gerindra Serahkan DCS Hari Ini

DCS Partai Gerindra ditentukan melalui Badan Seleksi Caleg Partai, yang dipimpin langsung Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) akan menyerahkan DCS (Daftar Calon Sementara) kepada KPU pada hari ini. Sesuai peraturan KPU nomor 6 tahun 2013, penyerahan berkas DCS berakhir pada 22 April 2013.

"Hampir 3000 orang mendaftar sebagai bacaleg. Badan seleksi mewawancarai semua bacaleg hingga akhirnya memutuskan 560 orang caleg dalam DCS," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (22/4/2013).

Fadli menjelaskan, DCS Partai Gerindra ditentukan melalui  Badan Seleksi Caleg Partai, yang dipimpin langsung Ketua Dewan Pembina Prabowo Subianto. Menurutnya, Gerindra adalah partai pertama yang membuka kesempatan pada tokoh-tokoh masyarakat untuk bergabung dan berjuang bersama.

Ia memaparkan, calon legislatif Gerindra berasal dari pengurus dan kader partai dan sebagian adalah tokoh-tokoh dari beragam latar belakang. "Ada tokoh politik, akademisi, tokoh agama,  pengusaha, tokoh petani dan nelayan, buruh, artis, atlet, dan lain-lain. Tingkat keragaman latar belakang ini bagi Gerindra sangat penting untuk meningkatkan semakin banyaknya aspirasi yang nanti bisa terjaring," ungkapnya.

Menurutnya, Gerindra juga mengalokasikan lebih dari 35 persen kuota perempuan. Kuota ini melampaui aturan KPU sebesar 30 persen.

"Antusiasme publik sangat besar untuk mendaftar sebagai caleg dari Gerindra. Ini efek proses perekrutan secara terbuka melalui iklan yang kita pasang di berbagai media. Kami berusaha lakukan proses seleksi secara komprehensif, tapi tentu tak ada yang sempurna.," ujar Fadli.

Tak semua tertampung dalam DCS. Namun dengan konfigurasi DCS yang ada, kata Fadli, Gerindra optimistis bisa masuk tiga besar dalam pemilu legislatif. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini