Sukses

VIDEO: 3 Parpol Serahkan Daftar Caleg Sementara ke KPU

Hari ini, ada 3 partai politik yang menyerahkan Daftar Caleg Sementara (DCS) ke KPU.

Mendekati hari terakhir pendaftaran calon legislator, partai peserta Pemilu 2014 mulai mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyerahkan Daftar Caleg Sementara (DCS). Kebanyakan calon legislator yang didaftarkan ini diisi oleh muka lama di kursi Dewan.

Pada Minggu pagi hingga sore, (21/4/2013), hanya ada 3 parpol yang mendaftar. DCS Partai Hanura diserahkan langsung oleh Ketua Umum Wiranto dan Ketua Dewan Pertimbangan Hary Tanoesoedibjo. Hanura menyerahkan 560 calon legislator sementara.

Sementara, Partai Golkar juga menyerahkan 560 bakal calegnya. DCS dari Golkar diantar langsung oleh Sekretaris Jenderal Idrus Marham. Komposisi bakal caleg dari Golkar ini terdiri dari 30 persen perempuan dan 70 persen laki-laki. Uniknya, dalam penyerahan DCS ini, Idrus didampingi oleh 11 wanita. Memang penyerahan DCS ini bertepatan dengan Hari Kartini.

Partai ke 3 yang mendaftar hari ini adalah Demokrat. DCS Demokrat diantar langsung oleh Ketua Harian Syarief Hasan, Sekjen Edhie Baskoro Yudhoyono dan sejumlah kader lainnya.

Ibas yang beberapa waktu lalu menyatakan mundur sebagai anggota DPR kini mencalonkan kembali. Sementara itu, 5 menteriasal Demokrat juga akan mencalonkan diri dalam Pemilu 2014 mendatang.

Penyerahan DCS ini dibuka pada 9 April yang lalu. Sesuai jadwal, pendaftaran dibuka sampai Senin 22 April. Namun, hingga 21 April, bari 4 partai yang mendaftarkan DCS. Selain 3 partai di atas, satu partai yang sudah menyerahkan DCS ke KPU adalah Partai Keadilan Sejahtera atau PKS. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini