Sukses

3 Menteri dan 14 'Incumbent' Tak Masuk Daftar Caleg Golkar

Golkar telah menyiapkan kader-kader terbaik. Bahkan tidak ada istilah vote gater atau pendulang suara pada pemilu 2014 mendatang.

Partai Golkar memastikan tidak ada calon legislatif yang juga Menteri dalam Kabinet Bersatu jilid II. Golkar juga tidak akan mencalonkan kembali 14 anggota DPR yang telah lama duduk di kursi parlemen itu.

"Sekjen Partai Golkar juga bukan menteri, juga tidak mencalonkan caleg. Alasannya fokus dan tidak etis kalau mundur kemudian caleg lagi," kata Sekretaris Jenderal Idrus Marham di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Minggu (21/4/2013).

Kader-kader Golkar yang menjabat sebagai menteri yakni Agung Laksono sebagai Menkokesra, Syarif Tjitjip Sutarjo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Menteri Perindustrian MS Hidayat, mantan Ketua Umum Kadin yang diusung dari Golkar.

Idrus menegaskan Golkar telah menyiapkan kader-kader terbaik. Bahkan tidak ada istilah vote gater atau pendulang suara pada pemilu 2014 mendatang. "Biarlah menteri berkonsentrasi pekerjaannya," kata Idrus.

Lalu, Golkar juga tidak memasukan 14 anggota Fraksi Golkar "incumbent" sebagai caleg 2014. Idrus enggan menyebutkan siapa saja 14 orang itu. Namun selain 14 nama itu, sisanya tetap dimajukan kembali menjadi caleg incumbent dengan target 3% suara.

"Hasil Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar III dan IV menargetkan 35% atau sekitar 198 kursi. Itu yang kami tetapkan," urai dia.

Idrus menjelaskan, masuknya orang-orang baru itu guna mengatasi permasalahan yang ada di DPR. Pasalnya, DPR sebuah lembaga yang paling banyak disorot soal kinerja daripada persoalan produktivitas.

"Karena popularitas tidak selamanya identik dengan kualitas. Kalau kita ingin meningkatkan kerja DPR, kita ingin mengharapkan DPR dapat lebih produktif maka caranya adalah mengusung calon-calon anggota DPR yang berkualitas bukan sekedar populer," kata Idrus.

Kendati demikian partai bernomor urut 5 ini tetap mengusung caleg dari kalangan artis sebagai orang yang dikenal masyarakat. Mereka dari kalangan selebritis antara lain Nurul Arifin, Charles Bonar Sirait, dan Tantowi Yahya. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.