Sukses

Hary Tanoe Target Hanura Menang, Wiranto Cukup 3 Besar

Kendati begitu, keduanya yakin Hanura dapat memperoleh hasil yang baik pada Pemilu Legislatif nanti.

Sikap Ketua Dewan Pertimbangan Partai Hanura Hary Tanoesoedibjo atau Hary Tanoe dan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto sedikit berbeda dalam pencapaian target partai di Pemilu 2014. Kendati begitu, keduanya yakin Hanura dapat memperoleh hasil yang baik pada Pemilu Legislatif nanti.

"Melihat calon yang kami miliki, dengan tren survei dan elektabilitas yang terus meningkat dan positif, kami yakin kami bisa lolos di tiga besar kursi DPR pusat," kata Wiranto di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/4/2013).

Tetapi, target yang dipasang Wiranto ini berbeda dengan yang disebut Hary Tanoe. Bos MNC Grup itu yakin Hanura tidak hanya mencapai 3 besar tapi akan menang pada Pemilu 2014 mendatang.

"Saya malah harap Hanura menang, bukan 3 besar. Jadi kita harus menjaga predikat partai tetap bersih, kemudian bergerak untuk rakyat. Saya yakin ya mudah-mudahan bisa menang," kata Hary Tanoe usai memimpin penyerahan Daftar Caleg Sementara Hanura ke KPU. Kendati begitu, keduanya berharap Hanura dapat memperoleh hasil yang tinggi pada Pemilu nanti.

Sementara, terkait seleksi bakal caleg ini, Wiranto mengaku Hanura telah menerima 1.656 berkas atau pendaftar. Proses seleksi juga mendengar masukan dari tokoh masyarakat.

Adapun tingkat pendidikan yang disaring oleh Hanura, kata Wiranto, rata-rata didominasi oleh sarjana berstrata satu (S1) hingga strata tiga (S3), dengan tingkat usia didominasi 40-50 tahun. Wiranto mengklaim caleg Hanura didominasi kaum muda.

"Pendidikan, kita bersyukur tamatan SMU 10 persen; sisanya dari D3 dan S3. Dari situ S1, 48 persen S2 28 persen, S3 9 persen, D3 5 persen. Dalam seleksi yang lama kita berikan prioritas, punya hubungan emosional dan memiliki peranan agar dapat dipertanggungjawabkan secara intelektual," pungkas Wiranto.

Caleg Wanita

Hanura mengklaim memiliki caleg perempuan melebihi kuota, yakni sebanyak 36% dari 30 persen yang ditentukan. Hary Tanoe mengaku takjub dengan respons caleg wanita di tengah peringatan Hari Kartini.

"Tentunya selamat kepada seluruh wanita Indonesia. Ini emansipasi. Ini juga cukup kita manfaatkan Hanura memasukan bakal calegnya hari ini ke KPU. Karena jumlah wanita yang diusung lebih dari pada kuota minimum. Lebih dari 30%, yaitu 36 persen. Ini berita baik buat para wanita indonesia," ucap Hary Tanoe. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini