Sukses

Daftar di Hari Kartini, Hanura Perbanyak Caleg Perempuan

Persentase caleg perempuan Hanura mencapai 36 persen, melebihi kuota minimal yang ditetapkan oleh KPU.

Partai Hanura memilih menyerahkan Daftar Caleg Sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Hari Kartini. Bukan tanpa maksud, hari ini dipilih untuk menghormati kaum perempuan. Selain itu, keterwakilan perempuan dalam DCS Hanura telah melebihi kuota minimal yang disyaratkan oleh KPU.

"Kami bisa melebihi persyaratan perempuan yang 30 persen menjadi 36 persen," kata Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto usai menyerahkan berkas DCS di Kantor KPU Jakarta, Minggu (21/04/2013).

Kali ini, Hanura mendaftarkan 560 bakal caleg dengan usia rata-rata antara 40-50 tahun. Jumlah itu diseleksi dari 1.656 pendaftar. Para pendaftar itu diseleksi dengan meminta masukan dari internal partai dan tokoh masyarakat.

"Target caleg laki-laki 376, perempuan 184. Tapi kami mendaftarkan laki-laki 361 dan perempuan 199," dia menambahkan.

Menurut Wiranto, jika dibandingkan dengan tahun 2009, caleg Hanura yang didaftarkan kali ini mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas. Hanya 10 persen caleg Hanura itu berpendidikan SMA dan sederajat. Sisanya, lulusan di atas SMA.

"Kami bersyukur tamatan SMU 10 persen, sisanya dari D3 dan S3. Dari situ S1 48 persen, S2 28 persen, S3 9 persen, dan D3 5 persen," tutur Wiranto.

Para calon legislator ini dipilih Hanura memprioritaskan pengurus partai periode 2009-2014. Alasannya, mereka sudah berpengalaman dan memiliki hubungan emosional yang kuat dengan partai. "Agar dapat dipertanggungjawabkan secara intelektual," katanya.

Wiranto berharap, partainya bisa merajai perolehan kursi pada Pemilu 2014 mendarang. "Paling tidak kami berharap bisa masuk tiga besar perolehan kursi. Mudah2an bisa masuk dalam tiga besar," harap Wiranto. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini