Sukses

Korea Utara Siapkan 2 Peluncur Rudal Scud

Militer Korsel melaporkan Korut telah mengirim 2 peluncur Rudal Scud ke pantai timur.

Korea Utara (Korut) dilaporkan terus menambah kekuatan di tengah memanasnya situasi politik di Semenanjung Korea. Sumber militer Korea Selatan (Korsel) menyebut negeri pimpinan Kim Jong-un itu telah mempersiapkan 2 peluncur Rudal Scud di pantai timur Korut.

"Militer melihat dengan jelas Korut mempersiapkan peluncur rudal," kata sumber militer Korsel yang dikutip oleh laman Yonhap, Minggu (21/4/2013).

Menurut otoritas intelijen, Korut juga telah menyiapkan Rudal Musudan pada awal April ini. Rudal jarak menengah itu diletakkan di Wonsan. Selain itu, Korut juga disebut telah menempatkan 7 transporter-erector-launchers (TEL) atau peluncur rudal mobile di Wonsan dan Provinsi South Hamgyeong.

Persiapan rudal ini memantik spekulasi bahwa Korut aka meluncurkan rudalnya sebelum 15 April yang lalu, bertepatan dengan peringatan ulang tahun pendiri negara itu, Kim Il-sung. Namun, kekhawatiran itu tidak terbukti. Korut hingga kini tak pernah meluncurkan rudal mereka.

Meski demikian, gambar satelit yang diambil setelah 16 April menunjukkan pergerakan Rudal Scud yang berjangkauan pendek di Provinsi South Hamgyeon.

Hingga saat ini, Korea Selatan yang menjadi seteru bebuyutan Korut tetap dalam kewaspadaan tingkat tinggi. Sejumlah roket dan unit altileri tetap disiagakan, mengantisipasi kemungkinan serangan Korut yang bisa datang seaktu-waktu. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini