Sukses

Evakuasi 3 Korban Tertimbun Longsor Garut Tanpa Alat Berat

Evakuasi secara manual terpaksa dilakukan karena longsoran tanah setebal 10 meter dan kemiringan 80 derajat membuat alat berat tak bisa masuk.

Proses pencarian 3 korban yang tertimbun longsor di Bukit Pasir Burung, Kampung Puncak Lancang, Desa Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat, dilanjutkan.

4 peleton petugas gabungan TNI dan Polri dan sejumlah unsur terkait dikerahkan untuk mencari 3 warga yang tertimbun material tanah longsor yang terjadi Sabtu 20 April 2013 kemarin.

Pantauan Liputan 6 SCTV di Samrang, Minggu (21/4/2013), ratusan petugas Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian ketiga korban dengan cara manual. Mereka diduga tertimbun longsoran tanah dari tebing setinggi 300 meter yang tiba-tiba ambruk saat sedang membersihkan rumput.

Korban atas nama Ela 40 tahun, Enoh 40 tahun dan Juhaena 36 tahun, merupakan warga Kampung Pangaulaan.

Kabagops Polres Garut Kompol Rudi mengatakan longsoran tanah setebal 10 meter dan kemiringan tanah 80 derajat membuat alat berat tak bisa masuk ke lokasi sehingga menyulitkan upaya pencarian. Para petugas hanya bisa menggunakan mesin penyedot air untuk menyingkirkan material tanah

"Cara itu memmang diperkirakan memakan waktu lama, tapi tidak ada cara evakuasi lain. Upaya pencarian akan terus dilakukan hingga 3 hari ke depan," kata Rudi.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini