Sukses

Hampir Sebulan Tinggalkan Rutan, Nazaruddin Dijemput 10 Polisi

Terpidana kasus korupsi proyek wisma atlet Muhammad Nazaruddin sudah hampir sebulan tak mendekam di Rutan Cipinang karena dirawat di RS Abdi Waluyo.

Terpidana kasus korupsi proyek wisma atlet Muhammad Nazaruddin sudah hampir sebulan tak mendekam di Rutan Cipinang karena dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo. Petugas Rutan Cipinang pun akhirnya menjemput mantan Bendahara Umum DPP Partai Demokrat itu.

Menurut Kepala Rutan Cipinang Syaiful Sahri, Nazaruddin kini telah berada di kamar penjaranya setelah petugas rutan ditemani petugas kepolisian menjemputnya dari RS Abdi Waluyo. "Nazaruddin sudah masuk ke rutan Cipinang. Sabtu malam 7 petugas rutan membawanya dengan dikawal 10 anggota Polres Jakarta Timur," ujar Syaiful kepada Liputan6.com di Jakarta, Minggu (21/4/2013).

Ia menuturkan, Nazaruddin masuk rumah sakit sejak 11 April 2013 lalu. Saat itu suami Neneng Sri Wahyuni itu mengeluh sakit di bagian perutnya.

"Kita melakukan pemeriksaan dan menindaklanjuti saran dokter RS Polri, kami langsung melakukan upaya merujuk Nazaruddin ke RS Abdi Waluyo. Saat diperiksa ditemui ada 4 buah batu di dalam empedunya ditambah lagi dengan beberapa kelabilan emosional," ungkapnya.

Atas petunjuk dokter, sambung Syaiful, Nazaruddin harus di-opname untuk dilakukan pengobatan secara serius oleh tim dokter 3 orang di RS Abdi Waluyo. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Sabtu 20 April kemarin, pihaknya diberikan memo awal dari dokter Sutrisno yang merawat Nazaruddin.

"Memo itu menjelaskan secara medis bahwa Nazaruddin sudah membaik dan bisa pulang ke Rutan untuk rawat jalan," kata Syaiful.

Sebelumnya, Kuasa Hukum Nazaruddin, Elza Syarief mengakui telah mengurus permohonan agar Nazaruddin di rawat di rumah sakit pada 11 April lalu.

"Iya dia waktu itu sakit sekali perutnya, lalu saya urusin pengajuan permohonannya. Hari kedua dan ketiga setelah masuk rumah sakit dia masih dalam penelitian dokter," ungkap Elza.

Mengetahui hal itu, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin memerintahkan agar Nazaruddin segera dikembalikan ke Rutan Cipinang.

"Barusan saya cek Dirjenpas, atas rujukan dokter lapas dan RS Polri, Nazaruddin memang dirawat di RS Abdi Waluyo sejak 11 April. Informasi awal karena sakit batu empedu. Pak Menteri (Amir Syamsuddin) hari ini juga memerintahkan kembali ke rutan," ungkap Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini