Sukses

VIDEO: Pengungsi Gempa Dieng Bertambah Jadi 4.800 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa tektonik berskala 4,8 richter di Kawasan Pegunungan Dieng, Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah terus bertambah

Jumlah pengungsi akibat gempa tektonik berskala 4,8 richter di Kawasan Pegunungan Dieng terus bertambah sejak Jumat 19 April malam sampai Sabtu (20/4/2013) siang. Jumlah pengungsi ini bertambah menyusul meningkatnya ancaman racun dari kawah Timbang Dieng, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Wonosobo, Jawa Tengah.

Tercatat, jumlah pengungsi kini mencapai 4.800 orang lebih. Mereka berasal dari beberapa desa di Banjarnegara.

Di Batur, mereka tersebar di beberapa titik pengungsian. Seperti Balai Desa Dieng Kulon dan Desa Dieng Wetan, serta rumah-rumah warga di Kabupaten Wonosobo.

Di lokasi pengungsian, para pengungsi menghawatirkan harta benda mereka di rumah. Tak hanya itu, para pengungsi juga mengeluhkan masih kurangnya bantuan yang ada. Sejauh ini, bantuan yang mereka terima berupa nasi bungkus yang baru sekali diberikan.

Sebelumnya, ribuan warga diungsikan setelah terjadi gempa tektonik berskala 4,8 richter pada Jumat malam di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di sekitar Kawah Timbang. Awalnya kawah Timbang masih labil dan belum normal, maka sebagian pengungsi yang semula diperbolehkan pulang, terpaksa kembali mengungsi. Apalagi pada Sabtu pagi terjadi gempa susulan.

Sementara itu jalan dari Dieng menuju Batur yang semula ditutup akibat longsor dan ancaman gas berbahaya dari Kawah Timbang, kini sudah dibuka lagi. (Osc/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.