Sukses

Batal Dampingi 2 Menteri di Pasar, Jokowi: Saya Nggak Suka Diatur

Gubernur DKI Jakarta Jokowi mengungkapkan alasannya tidak hadir dalam acara Pencanangan Pasar Aman dari bahan berbahaya di Pasar Cibubur.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi akhirnya mengungkapkan alasannya tidak hadir dalam acara Pencanangan Pasar Aman dari bahan berbahaya di Pasar Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Padahal, acara itu juga dihadiri Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Jokowi beralasan, tidak hadirnya Jokowi dalam acara itu lantaran sudah banyak tokoh dan pejabat yang hadir, termasuk dari Pemprov DKI yang diwakili oleh Walikota Jakarta Timur HR Krisdianto, serta juga Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emawati.

"Saya ini enggak suka diatur-atur. Lagian kalau saya datang tidak efektif. Di sana sudah ada Pak Menteri, ada Bu Menteri, Kepala BPPOM, jadi untuk apa saya hadir?" ujar Jokowi di Balaikota, Jakarta, Jumat, (19/4/2013).

Karena alasan itu, Jokowi lebih memilih mengunjungi warga Petukangan Selatan yang mengalami masalah pembebasan lahan tol lingkar luar Jakarta atau JORR W2 Ulujami-Kebon Jeruk. Jokowi juga memilih mengunjungi makam Mbah Priok, Jakarta Utara.

"Daripada ke sana, mendingan saya beresin masalah di Jakarta. Seperti proyek pemerintah pusat yang belum selesai di JORR W2. Berapa tahun itu prosesnya belum selesai, tadi sudah ketemu warga, sebentar lagi rampung. Terus ke Mbah Priok juga kita melihat di sana seperti apa," tutur Jokowi.

Akibat absennya Jokowi tersebut, puluhan warga yang telah menunggu sejak pagi tadi pun harus gigit jari karena tak bisa bertemu dengan Jokowi. Nunung, salah satu warga mengaku sedih karena Jokowi batal menghadiri acara tersebut.

"Katanya Pak Jokowi mau datang pagi, saya sengaja datang pagi-pagi dari pukul 07.00 WIB supaya bisa ketemu dan foto dengan Pak Jokowi," ujar Nunung yang berprofesi sebagai pedagang sayuran di Pasar Cibubur itu.

Sedangkan Gita Wirjawan mengaku tak kecewa dengan kedatangan Jokowi. Gita mengaku bisa kapan pun bertemu dengan mantan Walikota Solo itu. "Enggak kecewa kok. Insya Allah bisa ketemu beliau kapan saja di waktu lain," ucap Gita. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.