Sukses

VIDEO: Setelah Ditunda, UN di Kaltim Tetap Kacau

UN di Kalimantan Timur kembali ditunda karena kekurangan soal. Penggandaan dengan cara foto copy dilakukan.

Kekacauan Ujian nasional (UN) di Kalimantan Timur belum juga berakhir. Meski sudah ditunda dari jadwal semula, masih saja ada masalah yang terhadap pelaksanaan UN tahun 2013 ini. Jumlah naskah soal tidak mencukupi, sehingga penggandaan dengan cara difoto copy dilakukan.

Di Balikpapan, penggandaan dilakukan di 7 lokasi rayon sekolah sejak sore hingga Kamis malam. Soal yang jumlahnya kurang itu adalah mata pelajaran matematika.

Proses penggandaan diawasi dengan ketat, mulai pengambilan master soal, proses foto copy, hingga pengembalian naskah soal ke dinas pendidikan setempat.

Biaya pengandaan soal sementara ditalangi Pemkot Balikpapan. Besarnya sekitar Rp 60 juta. Kekurangan soal UN matematika di Balikpapan untuk kebutuhan 1.040 peserta. Akibat kekurangan itu, hari pertama UN susulan pun gagal. Jadwal UN SMA di Kalimantan Timur mundur lagi dan akan dimulai Senin  pekan depan.

Atas kekacauan UN hingga gagalnya pelaksanaan ujian susulan hari pertama, Mendikbud Muhamad Nuh bersikukuh bahwa kesalahan ada pada pihak percetakan. UN tingkat SMA 2013 di 11 provinsi tertunda dari jadwal semestinya akibat adanya keterlambatan distribusi soal. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.