Sukses

Ledakan Bom di Kafe Anak Muda Baghdad Renggut 26 Nyawa

Ledakan yang terjadi pada Kamis malam waktu setempat itu diduga dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri.

Sebuah bom meledak di kafe yang penuh dengan kaum muda di Baghdad, Irak. Ledakan yang terjadi pada Kamis malam waktu setempat itu diduga dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri. Sedikitnya 26 orang yang berada di dalam kafe tersebut tewas.

"Pemboman kafe itu terjadi sekitar pukul 21.30 waktu setempat. Dua anak dan seorang wanita yang sedang melintas di depan kafe pada saat ledakan menjadi korban. Lebih dari 50 orang lainnya terluka," kata polisi di lokasi ledakan seperti dikutip USA Today yang dilansir Jumat (19/4/2013).

Kafe nahas tersebut berada di lantai 3 sebuah bangunan di lingkungan Amiriyah Sunni. Biasanya tempat hiburan itu memang banyak didatangi oleh kaum muda untuk sekedar bersantai, melepas lelah, maupun bertemu dengan teman lainnya.

"Kafe itu penuh sesak dengan kaum muda yang menikmati sisha dan bermain biliar," ujar polisi yang tak disebutkan identitasnya.

Sebelumnya, sebuah bom mobil menghantam konvoi militer di Mosul, 225 km sebelah barat laut Baghdad. Dalam insiden tersebut, 3 tentara tewas dan 5 lainnya terluka. Beberapa jam kemudian, 1 polisi tewas dan 3 lainnya terluka ketika sejumlah pria bersenjata menyerang sebuah pos pemeriksaan keamanan di Baghdad barat.

Aksi kekerasan terus meningkat menjelang pemilihan gubernur yang akan diselenggarakan pada Sabtu 20 April. Pemungutan suara itu diperuntukkan untuk pejabat lokal di beberapa provinsi di seluruh negeri, termasuk ibukota Baghdad.

Sementara itu, pejabat wilayah Kurdi mengatakan pemilihan parlemen dan presiden baru akan diselenggarakan pada Minggu 21 September.

Guna keamanan, pihak berwenang pun berjanji akan meningkatkan keamanan menjelang pemilu. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.