Sukses

VIDEO: Pasca Hujan Lebat, Tanaman Padi Petani Diserang Hama

Sedikitnya 50 hektar tanaman padi di Garut, Jawa Barat terancam gagal panen akibat terserang hama beluk

Sedikitnya 50 hektar tanaman padi di Kampung Lengkong, Desa Samarang, Garut, Jawa Barat terancam gagal panen akibat terserang hama beluk. Hama beluk ini diakibatkan oleh intensitas hujan yang cukup tinggi yang mengguyur Garut, Jawa Barat beberapa waktu belakangan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Liputan6 SCTV bulir-bulir padi di areal pesawahan itu tidak terisi alias kosong. Kosongnya bulir padi disebabkan oleh serangan hama serangga yang disebut warga sekitar sebagai hama beluk. Meskipun secara fisik pertumbuhan tanaman padi ini terlihat normal namun jika diperhatikan dari dekat bulir-bulir padi tak berisi.

Faktor curah hujan yang terus menerus melanda menyebabkan kelembaban tanah menjadi tinggi dan membuat hama beluk berkembang biak dengan cepat. Serangan hama beluk ini menyerang tanaman padi usia dua sampai tiga bulan. Akibatnya para petani pun merasa kesulitan setelah sebelumnya hasil bumi mereka sempat terkena gangguan hama tikus yang membuat produktifitas padi makin menurun.

Agar serangan beluk tidak meluas ke tanaman padi yang lain para petani memberikan insektisida ke seluruh areal sawahnya. Mereka berharap bisa menekan kerugianyang lebih besar. Hingga saat ini belum adanya penyuluhan dari dinas terkait mengenai hama ini. (Han/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini