Sukses

Gubernur Awang Faroek: Kalimantan Timur Tunda UN

Gubernur Awang Faroek Ishak mengaku sangat kecewa dengan amburadulnya pengelolaan Ujian Nasional (UN), terutama di Kaltim.

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak menginstruksikan penundaan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat SMA hingga batas waktu yang belum ditentukan. Penundaan dilakukan setelah koordinasi dengan seluruh kepala daerah kabupaten/kota.
    
"Jadi, saya nyatakan Ujian Nasional yang seharusnya dilaksanakan hari ini (Kamis) kami tunda hingga batas waktu yang belum ditentukan," ungkap Awang Faroek Ishak usai di Samarinda, Kamis (18/4/2013).
    
Penundaan dilakukan karena belum lengkapnya soal ujian yang diterima. "Bagaimana UN dilaksanakan jika soal belum lengkap. Ini tidak bisa dibiarkan sehingga kami tunda saja sekalian," ujarnya.

Awang Faroek mengaku kecewa dengan pengelolaan UN yang dia nilai benar-benar kacau, terlebih di Kaltim. Menurut dia, seharusnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan sepenuhnya proses pencetakan soal ujian ke daerah.
     
"Atas nama masyarakat Kaltim, saya sangat kecewa dengan pengelolaan UN. Semestinya, Kenterian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan pengelolaan UN sepenuhnya ke daerah sehingga dapat dijamin pelaksanaan ujian berjalan lancar," katanya.

Meski demikian, Awang Faroek mengimbau para siswa agar tetap bersabar sambil menunggu kepastian kapan UN bisa dilaksanakan. Dia mengaku kasihan kepada para siswa yang berada dalam situasi tidak jelas seperti ini.

"Makanya, daripada terus dalam kondisi ketidakjelasan, sebagai Gubernur Kaltim setelah mempertimbangan banyak hal, saya terpaksa memutuskan menundanya," ungkapnya.

Di beberapa sekolah di Samarinda, sejumlah siswa terlihat tetap mendatangi sekolah mereka masing-masing, untuk mendapatkan kepastian pelaksanaan UN yang rencananya digelar hari ini (Kamis). Namun, mereka kembali kecewa karena UN kembali ditunda. (Ant/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.