Sukses

2 RW di Jatiasih Direndam Banjir Setinggi 1 Meter

Banjir menggenangi 2 RW di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatimekar, Jatiasih, Kota Bekasi. Ketinggian air mencapai setinggi 1 meter.

Banjir menggenangi 2 RW di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jatimekar, Jatiasih, Kota Bekasi, Kamis (18/4/2013). Ketinggian air mencapai setinggi 1 meter.

Salah satu petugas keamanan kompleks, Masan (62) mengatakan, air yang membanjiri berasal dari luapan Kali Cakung yang berada persis di samping kompleks. Air mulai menggenangi sejak Rabu 17 April sekitar pukul 22.00 WIB.

"Air mulai naik dari pukul 22.00 WIB. Nah, tingginya mulai pukul 02.00 WIB hingga sekarang belum surut," kata Masan saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, wilayah ini memang sudah menjadi langganan banjir. Banjir tak lepas dari penyempitan Kali Cakung akibat pembangunan rumah di sekitar kali.

"Dulunya ini kali lebarnya 6 meter, sekarang tinggal 4 meter," ucapnya.

Fahmi (58) Jalan Amarilis, RT 01/15, Kompleks Bumi Nasio Indah mengatakan, warga mulai menyiapkan diri sejak air datang pada pukul 23.00 WIB. Baru sekitar pukul 03.00 WIB, air membanjiri seluruh kompleks.

"Warga sudah naikin mobil dari pukul 23.00 WIB. Banjir datang pukul 03.00 WIB. Rumah saya air tingginya sepinggang," ujar Fahmi.

Fahmi mengatakan, banjir di lokasi ini sudah biasa. Meski sudah dilakukan antisipasi berupa pompa air dan pintu air, masih saja banjir.

"Padahal sudah ada pintu air dan pompa air, tapi masih banjir juga," jelas Fahmi yang sudah tinggal sejak tahun 1986 itu.

Pantuan Liputan6.com, beberapa sepeda motor yang masih berada di pintu gerbang kompleks ikut terendam hingga batas jok. Anak-anak juga tampak asyik bermain di sekitar genangan air.

Beberapa bantuan juga sudah datang. Di antaranya dari BPBD Kota Bekasi dan organisasi sosial. Petugas kepolisian juga tampak ikut mengatur lalu lintas di sekitar kompleks. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini