Sukses

VIDEO: Soal Ujian Kurang, UN Kaltim Terpaksa Diundur Lagi

Pelaksanaan ujian nasional (UN) di Kalimantan Timur terpaksa diundur lagi, menyusul ketidaksanggupan Dinas Pendidikan memfotokopi soal.

Pelaksanaan ujian nasional (UN) di Kalimantan Timur terpaksa diundur lagi, menyusul ketidaksanggupan Dinas Pendidikan di Kabupaten dan kota untuk menggandakan kekurangan soal dengan cara difotokopi.

Perintah penggandaan itu diinstruksikan Menteri Pendidikan Mohammad Nuh via telepon Rabu (17/4/2013) malam agar UN tetap dilaksanakan.Sebagian besar Dinas Pendidikan di kabupaten dan kota di Kalimantan Timur menyatakan ketidaksanggupannya melaksanakan UN pada hari ini, Kamis 18 April 2013, akibat masih adanya kekurangan soal untuk 155 sekolah SMA dan Madrasah Aliyah.

Dinas Pendidikan yang sudah menyatakan tidak sanggup melakukan UN hari ini adalah Dinas Pendidikan Balikpapan, Paser, Bulungan, Kubar, Kutai Kartanegara, Tarakan, Nunukan, serta Samarinda.

Instruksi Mendikbud via telepon yang diterima kepala Dinas Pendidikan Kalimantan Timur untuk menutupi kekurangan soal UN dengan cara difotokopi juga ditolak. Pasalnya, secara teknis sulit dilakukan karena soal UN ada 20 jenis dan ada barkode yang tidak bisa difotocopy.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Hery Misnoto langsung menggelar rapat dengan sejumlah kepala sekolah untuk menentukan sikap tidak melaksanakan ujian nasional untuk SMA hari ini dan meminta ujian nasional diundur hingga Senin depan sambil menunggu kedatangan lembar soal dari Jakarta.

Satu-satunya daerah di Kalimantan Timur yang siap melaksanakan ujian nasional hari ini adalah Kabupaten Tana Tidung karena hanya memiliki 3 sekolah sma dan soalnya sudah lengkap. (Tya/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini