Sukses

VIDEO: Tanggul Jebol, Jalur Demak-Jepara Putus

Jalur sepanjang 300 meter di Kecamatan Wijen tergenang banjir setinggi 1,5 meter sehingga pengendara harus memutar melalui Kudus.

Hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari mengakibatkan jebolnya tanggul Sungai Wulan di Demak, Jawa Tengah. Air sungai pun meluber hingga mengakibatkan jalur Demak-Jepara terputus.

Pantauan Liputan 6 SCTV di Demak, Senin (22/4/2013), jalur sepanjang 300 meter di Kecamatan Wijen tergenang banjir setinggi 1,5 meter. Pengguna jalan terpaksa memutar arah lewat Kudus agar bisa mencapai tujuan. Banjir juga mengakibatkan puluhan ribu hektar sawah terendam.

Sejumlah warga yang rumahnya terendam dievakuasi dengan perahu. Ketinggian banjir dan derasnya arus di permukiman membuat warga kesulitan untuk mengungsi.

Musibah banjir juga melanda Tangerang, Banten. Jalan Ahmad Dahlan yang menjadi akses Tangerang menuju Jakarta Barat, terendam banjir dengan ketinggian 30 sentimeter. Kendaraan yang lewat terpaksa berjalan lambat.

Ratusan rumah juga terendam banjir setinggi 60 sentimeter. Banjir terjadi disebabkan 2 sungai besar yakni Sungai Angke dan Sungai Petir, meluap.

Dalam 1 pekan terakhir, Kampung Candulan telah 2 kali terendam banjir parah yang disebabkan meluapnya Kali Angke. Banjir juga diperparah dengan air luapan dari jalan raya yang mengalir masuk ke permukiman warga.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.