by Rochmanuddin

Mantan Pelatih Timnas Nil Maizar Jadi Caleg NasDem

  • Politik
  • 0
  • Rabu, 17 April 2013 18:12
Sekretaris Jenderal Partai NasDem Patrice Rio Capella mengatakan mantan pelatih tim nasional (Timnas) sepak bola Nil Maizar menjadi calon legislator dari partainya. Nil Maizar akan maju dari Sumatera Barat (Sumbar).

"Pelatih sepak bola PSSI Nil Maizar masuk ke Sumbar," kata Rio di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Menurut Rio, mantan pelatih kesebelasan Semen Padang itu belum lama bergabung ke NasDem. Nil masuk NasDem di detik-detik akhir penentuan bakal caleg. "Dia masuk detik-detik terakhir di Nasdem, untuk Sawarna nomor 1 di Sumbar," tutur dia.

Dia menambahkan, selain Nil Maizar, NasDem juga mencantumkan sejumlah artis dalam daftar caleg sementara yang akan diajukan ke KPU. Para artis itu di antaranya adalah Donny Damara nomor 1 di Sumedang, Ricky Subagja nomor 1 di Bandung, Melly Manuhutu nomor 1 di Cianjur, dan Sina Sandy nomor 2 di Bandung Barat.

Dia menambahkan, para artis itu merapat ke Nasdem atas kemauan pribadi. Ia menampik tudingan yang menyebut NasDem hanya mengandalkan popularitas para artis itu. "Tidak, kan artisnya cuma sedikit, jadi bukan kami mendatangi dan melobi para artis, tapi memang mereka datang untuk menjadi calon."

Selain artis, bakal caleg NasDem juga ada yang datang dari kalangan purnawirawan militer. Mereka sudah berpangkat jenderal, bahkan berpangkat bintang 4. Namun, karena bintang 4 tidak boleh mencalonkan diri, maka yang diambiol hanya bintang 1 hingga 3 saja.

"Ada tapi kalau sudah bintang 4 mereka tidak mau mencalon. Kita punya beberapa jenderal tapi ada kesepakatan kalau sudah berbintang 4 tak boleh jadi anggota DPR. Kecuali bintang 1 sampai 3," papar Rio. "Dan dari NU Gus Choi (Effendi Choiri) masuk jadi nomor 1 di Lamongan, Gresik," imbuhnya.

Rio menjelaskan, ada 3.800 orang yang mndaftar ke NasDem. Namun, yang akan masuk dalam DCS hanya 560 orang. "Kami menerima lebih dari 3800 orang pendaftar yang akan dududk di DPR. Untuk perempuan Nasdem sudah menyiapkan 39 persen dari total 560 orang," ujar Rio. (Eks) (Eks)
Comments
Sign in to post a comment