Sukses

VIDEO: H-1 UN di 11 Provinsi, Distribusi Soal Masih Terkendala

11 Provinsi yang pelaksanaan Ujian Nasionalnya (UN) tertunda kini bersiap menyambut hari penentuan kelulusan bagi para pelajar SMA dan sederajat di wilayah itu.

11 Provinsi yang pelaksanaan Ujian Nasionalnya (UN) tertunda akan memulai ujian yang menentukan kelulusan bagi para pelajar SMA dan sederajat di wilayah itu pada Kamis 18 April besok. Namun, berbagai persiapan jelang UN yang tertunda itu masih mengalami banyak kendala.

Di Majene, Sulawesi Barat, jumlah soal ujian yang diterima sejak Selasa 16 April kemarin, tidak sesuai dengan jumlah peserta UN. Masih ditemukan beberapa sekolah kekurangan soal ujian, sementara beberapa sekolah lainnya justru kelebihan soal. Beruntung, hal ini masih bisa disiasati dengan mendistribusi ulang soal ujian.

Hingga Rabu pagi (17/4/2013), sebanyak 8 kabupaten di Sulsel masih belum kebagian soal. Kedelapan kabupaten itu yakni, Selayar, Sidrap, Enrekang, Toraja, Toraja Utara, Luwu, Luwu Timur, dan Luwu Utara.

Meski begitu, panitia setempat optimistis UN tetap bisa dilaksanakan serentak pada esok hari. UN pelajar setingkat SMA di Sulsel diikuti oleh sekitar 60 ribu siswa yang tersebar di 23 kabupaten.

Sementara di Kalimantan Selatan, sejumlah sekolah pesimistis UN yang tertunda dapat dilaksanakan esok hari. Menurut para guru, distribusi soal dari ibukota kabupaten ke pedalaman yang baru dilakukan tengah malam nanti bisa memakan waktu 8 jam.

Belum lagi proses distribusi ke sekolah-sekolah. Ditambah proses sortir soal ujian. Meski begitu, Dinas Pendidikan setempat tetap yakin, semua soal UN rampung terkirim pada Rabu ini. Diperkirakan ada 85 ribu lebih siswa di Kalsel yang akan mengikuti UN pada Kamis nanti. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini