Sukses

Hakim Setyabudi Diduga Suka Minta Jatah Perempuan

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung, Setyabudi Tejocahyono, ternyata tidak hanya diduga menerima suap berupa uang.

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bandung, Setyabudi Tejocahyono, ternyata tidak hanya diduga menerima suap berupa uang. Tersangka suap itu juga suka meminta pelayanan seks dari Toto Hutagalung, tersangka pemberi suap.

"Semua itu dibuka sama Toto saat konfrontir dengan Setyabudi," kata pengacara Toto, Johnson Siregar, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (17/4/2013).

Meski demikian, Johnson lupa kapan kliennya diminta menyediakan layanan seks untuk Setyabudi. "Istilahnya itu 'sunah rasul', ya anda tahu sendiri maksudnya," ujarnya.
Namun, Johnson tak mau pemberian itu disebut sebagai gratifikasi seks. "Itu kan istilah media saja," ujarnya.

Johnson menambahkan, Toto juga kerap dimintai uang oleh Setyabudi. "Bahkan saat anaknya menikah, Setyabudi meminta uang untuk pernikahan itu," jelasnya.

Saat ini Toto dan Hakim Setyabudi telah ditetapkan sebagai tersangka. Selain itu, KPK juga sudah menetapkan 2 pegawai Pemkot Bandung, yakni Herry Nurhayat dan Asep Triana sebagai tersangka. Mereka diduga sebagai orang suruhan Toto untuk mengantarkan uang suap sebesar Rp 150 juta ke kantor Setyabudi.

Toto disangkakan Pasal 6 ayat 1 atau Pasal 5 ayat 1 atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Suap diduga terkait perkara korupsi bansos Bandung yang sedang ditangani Setyabudi. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.