Sukses

VIDEO: Urus 3 Adiknya, Tasripin Tetap Gantungkan Cita-cita

Bocah 13 tahun ini harus putus sekolah dan mengurus 3 adiknya pasca-ditinggal orang tua dan kakaknya.

Miris. Program wajib belajar 12 tahun yang digagas pemerintah tak bisa didapat Tasripin (13), bocah asal Banyumas, Jawa Tengah, yang harus mengurus 3 adiknya dan keluarga pascameninggalnya sang ibu.

Tasripin yang seharusnya saat ini mengenyam pendidikan di tingkat SMP, juga ditinggal ayah dan kakaknya merantau sejak 6 tahun lalu. Dirinya kini yang mengisi peran pemimpin di keluarganya sebagai pencari nafkah sekaligus pelindung bagi Dandi, Daryo, dan Iryanti.

Untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari, Tasripin yang putus sekolah sejak kelas 3 SD ini harus mencari kayu bakar di sekitar kebun. Selain itu tugasnya juga mencuci peralatan rumah tangga dan mengurus kebutuhan anggota keluarganya.

Tak jarang, para tetangga membantu mengurangi beban hidupnya dengan memberi makanan untuk Tasripin dan ketiga adiknya.

Dalam lubuk hatinya, Tasripin berharap sang ayah segera kembali pulang ke rumah, agar dirinya dapat kembali belajar di sekolah.(Tys/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.