Sukses

PT JM Akan Gunakan Kereta Monorel Asal China

Tahapan pembangunan transportasi massal monorel mulai terlihat perkembangannya. PT Jakarta Monorail akan gunakan monorel buatan China.

Tahapan pembangunan transportasi massal monorel mulai terlihat perkembangannya. Perusahaan investasi Ortus Infrastructure Capital Limited telah melunasi seluruh saham PT Adhi Karya Tbk di PT Jakarta Monorail dan PT Indonesia Transit Central (ITC) berikut penandatanganan kesepakatan harga tiang-tiang monorel senilai Rp 190 miliar. PT Jakarta Monorail akan gunakan monorel buatan China.

"Saat ini Ortus merupakan pemegang saham mayoritas PT Jakarta Monorail," ujar Direktur Teknik PT Jakarta Monorail Bovanantoo melalui pesan singkatnya di Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Dia mengatakan, sebelum Ortus menjadi pemegang saham mayoritas, PT ITC merupakan sebagai pemegang saham mayoritas PT JM sebesar 90,5 persen telah sepakat mengalihkan saham sebesar 80,5 persen.

Mengenai perkembangan pembangunan angkutan berbasis rel tersebut, Bovanantoo menjelaskan, sejak Senin 15 April lalu, Ortus telah sepakat untuk menggunakan rolling stock dari perusahaan CNR Changchun Railway Vehicle Co, Ltd untuk diimplementasikan di Jakarta.

"Perusahaan tersebut telah memproduksi rolling stock (kereta) monorail yang saat ini beroperasi di Kota Chongqing, China," ucapnya.

Menurut Bovanantoo, sebelum penentuan pengadaan rolling stock, dilakukan seleksi terlebih dahulu. Dia pun memberikan persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu  kereta minimal telah beroperasi selama 5 tahun.

"Sementara CNR yang ditunjuk, telah beroperasi pada tahun 2003. Kita juga lakukan seleksi, karena kita tidak mau kereta yang belum pernah beroperasi" terangnya.

Bovanantoo menyatakan, saat ini tengah disiapkan kereta contoh dari CNR Monorail yang akan didatangkan dari China ke Jakarta untuk dipamerkan. Diperkirakan pada Minggu pertama bulan Juni 2013, diharapkan contoh kereta yang ada digunakan sudah tiba di Jakarta.

"Kita akan pamerkan. Dijadwalkan Minggu pertama bulan Juni mendatang sudah tiba di Jakarta. Ada 2 tipikal yang didatangkan yakni kepala dan badan," ucap dia.

Kereta contoh tersebut nantinya juga akan dipamerkan dalam rangkaian sosialisasi (preview center) proyek monorel di Jakarta di kawasan Monas. Sekaligus dalam rangkaian HUT Jakarta ke-486.

"Kami sedang mempersiapkan segala urusan yang terkait dengan perizinan Pemprov DKI," pungkas Bovanantoo. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.