Subsidi BBM Akan Dikurangi, Ahok: Ya Siap-siap Demo Aja

By Andi Muttya Keteng

on Apr 16, 2013 at 15:09 WIB

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok meyakini harga BBM akan mengalami kenaikan. Dirinya pun memaklumi apabila nantinya BBM naik dapat memicu masyarakat Jakarta melakukan protes.

"BBM pasti naik ini, cuma tinggal demo aja. Ya siap-siap demo aja," kata Ahok usai Rapat Kerja seluruh Gubernur tentang Pengendalian Bahan Bakar Minyak Bersubsidi di Gedung A Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (16/4/2013).

Pemrov DKI, jelas Ahok, siap dengan rencana pengurangan subsidi BBM yang pastinya akan menaikkan harga BBM tersebut. Pihaknya juga akan menyiapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) DKI untuk memberi jaminan pendidikan, kesehatan, perumahan, dan transportasi.

"Karena apa nggak ada uangnya, pemerintah defisit. Jadi buat DKI, kita akan siapkan APBD untuk kasih jaminan pendidikan kesehatan, perumahan, transportasi yang murah, sama untuk sembako," jelas Ahok.

Ahok sebelumnya menyampaikan ada 2 opsi kenaikan harga BBM setelah subsidinya dikurangi, yaitu harga BBM dinaikkan menjadi Rp 6.500 untuk semua kendaraan atau hanya untuk kendaraan pribadi (pelat hitam) sedangkan pelat kuning dan motor tidak terkena kenaikan BBM.

Rencana tersebut guna menutupi kekurangan anggaran atau defisit negara sehingga hanya mengurangi hutang dan tidak akan ada pengalihan anggaran.(Ali)
Suka artikel ini?
Andi Muttya Keteng
Andi Muttya Keteng

  Full bio »

0 Comments