Sukses

Bersihkan Kali Ciliwung, Kopassus: Jumat Bersih Bersama Jokowi

Danjen Kopassus Mayjen Agus Sutomo dan Gubernur DKI Jakarta Jokowi kompak untuk menjalankan tugas menjaga Ibukota. Seperti membersihkan Kali Ciliwung.

Sebagai sesama warga Solo, Komandan Jenderal Kopassus Mayjen Agus Sutomo dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mengaku sepakat kompak untuk menjalankan tugas masing-masing menjaga Ibukota. Seperti membersihkan Kali Ciliwung.

"Pak Jokowi wong Solo, saya wong Solo. Sama-sama orang Solo harus kompak," kata Agus sambil bersalaman ala Komando, usai mengikuti acara syukuran HUT Kopassus ke- 61 di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa, (16/4/2013).

Dia mengatakan, bentuk kekompakkan yang ditunjukkan oleh 2 orang Solo ini adalah dengan menjaga kelestarian lingkungan di DKI melalui kegiatan pembersihan Kali Ciliwung.

"Kita sama Pak Jokowi sedang melawan sampah di Kali Ciliwung. Kita mimpi sampah di Kali ciliwung bisa menjadi tempat wisata," ujarnya.

Menurut Agus, program yang saat ini tengah dijalankan adalah kegiatan Jumat bersih yang rutin dijalankan oleh Kopassus.

"Sudah berjalan 1 tahun lebih. Beberapa Minggu lalu, hari Jumat Pak Jokowi dan saya juga ikut menyusuri Kali Ciliwung. Membersihkan sampah dalam aksi Jumat bersih," ucap Agus.

Jokowi mengaku pihaknya memang saat ini tengah melakukan kerja sama dengan pihak Kopassus. Selain kegiatan pembersihan Kali Ciliwung, Pemprov DKI juga telah melakukan kerja sama dalam bidang manajemen pengelolaan sampah dengan mendirikan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) di lingkungan perumahan prajurit Kopassus.

"Iya ini sudah-sudah, didahului dengan Kopassus. Ini tahapan inventarisasi lapangan. Dalam pengelolaan sampah juga akan dikembangkan. Kalau sudah diputuskan langsung bekerja," terang Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengaku bangga terhadap keberadaan Kopassus. Apalagi, sebagai pasukan elit yang dimiliki oleh Indonesia, Kopassus mampu menunjukkan diri bersaing dengan pasukan elit dari negara-negara lain.

"Saya sangat bangga sekali tehadap Kopassus. Yang pertama, karena Kopassus masuk dalam 3 besar satuan khusus di dunia. Yang kedua, setelah melihat atraksi di panggung tadi menambah kebanggan saya," tutur Jokowi. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini