Sukses

VIDEO: Soal UN Telat, Siswi Menangis

Pelaksanaan UN di Tasikmalaya juga kacau balau. Siswi yang menunggu soal ujian menangis karena tak bisa segera mengerjakan soal UN.

Seperti di daerah lainnya, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk siswa SMA di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Senin 15 April juga kacau balau. Lembar soal di sejumlah sekolah tertukar, sehingga sebagian siswa harus menunggu.

Liputan 6 SCTV, Selasa (16/4/2013) memberitakan, salah satu siswi SMA Al Muttaqin, Astri, menangis karena tak kunjung mengerjakan UN. Kesedihan dan kekecewaan Astri semakin bertambah saat melihat teman-teman lainnya sudah selesai mengerjakan UN.

Sementara, Astri dan 19 teman lainnya masih harus menunggu soal UN. Soal yang dibagikan kepada Astri dan 19 siswa lainnya ini memang tertukar. Mereka mendapat soal yang seharusnya dibagikan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sehingga harus ditarik kembali untuk ditukar.

Kasus soal tertukar juga terjadi di SMA 3 dan BPK Penabur, Tasikmalaya. Sehingga 18 siswanya telat melaksanakan ujian. Namun, di BPK Penabur, permasalah itu diselesaikan dengan menggandakan soal ujian tersebut, dengan cara difoto kopi.

Di SMK Negeri 2 Purwakarta, Jawa Barat, masalah muncul karena lembar jawaban yang tertukar. Sebanyak 7 lembar jawaban untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia tertukar dengan lembar jawaban Bahasa Inggris.

Sementara di Jawa Timur, tepatnya di SMA 17 Agustus Surabaya, terdapat 5 amplop soal Bahasa Indonesia untuk jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) tertukar dengan soal Bahasa Inggris yang jadwalnya baru akan dibagikan untukhari selanjutnya. Selain itu, siswa juga terganggu karena ujian mundur selama satu setengah jam. (Yog)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini