Sukses

UN di 11 Provinsi Ditunda, Ombudsman Panggil Mendikbud

Ombudsman RI akan memanggil Menteri Kebudayaan dan Pendidikan M Nuh terkait penundaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK di 11 provinsi pada tahun ajaran 2013.

Ombudsman RI akan memanggil Menteri Kebudayaan dan Pendidikan M Nuh terkait penundaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK di 11 provinsi pada tahun ajaran 2013. Pemanggilan tersebut merupakan upaya Lembaga Negara Pengawasan Pelayanan Publik ini mengetahui duduk persoalan yang lengkap mengenai penguluran waktu pelaksanaan UN.

"Kami akan panggil Mendikbud pada Kamis (18 April) di Kantor Ombudsman RI," kata Anggota Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan Budi Santoso di Jakarta, Senin (15/4/2013).

Dalam penjelasannya, Budi sangat menyesalkan penundaan UN tingkat SMA/MA/SMK di 11 provinsi. Menurutnya penundaan tersebut menunjukkan lemahnya koordinasi dan manajemen pelaksanaan ujian dari pusat hingga daerah. "Karena kejadian seperti ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah pelaksanaan UN di Indonesia," tambahnya.

Oleh karena itu, Ombudsman RI meminta pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan evaluasi terkait pelaksanaan UN 2013. Ombudsman RI meminta Mendikbud untuk melakukan investigasi menyeluruh terkait keterlambatan pelaksanaan UN.

"Sehingga pihak yang bertanggung jawab terkait terjadinya keterlambatan UN SMA/MA/SMK tahun ini harus diberikan sanksi sesuai dengan tingkat kesalahannya," tegas Budi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini