Sukses

VIDEO: Siswa Bali Tetap Bersekolah Meski UN Diundur

Tak seperti para pelajar lain yang tengah berjibaku mengerjakan soal Ujian Nasional (UN), siswa kelas 3 SMAN 3 Denpasar, Bali, harus pasrah UN-nya ditunda.

Tak seperti para pelajar lain yang tengah berjibaku mengerjakan soal Ujian Nasional (UN), siswa kelas 3 SMAN 3 Denpasar, Bali, harus pasrah UN-nya ditunda.

Tak ada aktivitas apapun di sekolah ini, kecuali para guru yang berkumpul di ruangan. Pihak sekolah telah menginformasikan penundaan UN kepada para siswa melalui website resmi sekolah dan pesan singkat. Selama menunggu UN, para pelajar diminta untuk belajar di rumah masing-masing.

Sementara itu, ratusan siswa-siswi kelas 3 SMA 1 Saraswati, Denpasar, tetap masuk sekolah meski UN ditunda. Ini dilakukan karena mereka belum mendapat kepastian mengenai ditunda atau tidaknya UN.

Sebagian siswa mengaku sudah tahu penundaan ini, sementara sebagaian lainnya belum mengetahuinya. Penundaan ini juga membuat mereka bingung.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali, jumlah peserta ujian SMA di Bali tercatat sebanyak 26.363 siswa, 22.111 siswa SMK, dan 2.511 siswa paket C.

Tertundanya pelaksanaan UN pada 11 wilayah yang didominasi oleh wilayah timur diduga terjadi karena kesalahan teknis percetakan soal ujian. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh pun mengancam akan memberikan sanksi pada perusahaan percetakan yang dinilai lalai itu. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.