Sukses

VIDEO: Menyenangkan Belajar di Sekolah Alam

Sekolah Alam ini berbeda dengan sekolah formal lain. Di sini siswa tak perlu menggunakan seragam sekolah. Begitu pun guru-guru.

Tak jarang anak-anak bosan dengan pelajaran di sekolah. Akibatnya, anak menjadi malas untuk masuk. Nah sekarang yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk sekolah anak anda. Namanya adalah Sekolah Alam. Sekolah ini menerapkan sistem belajar sambil bermain.

Salah satunya Sekolah Alam di Depok, Jawa Barat. Sebelum memulai pelajaran, murid-murid Sekolah Alam memulai upacara meskipun tidak menggunakan seragam lengkap. Usai upacara mereka salat sunah Dhuha berjamaah.

Sekolah Alam ini berbeda dengan sekolah formal lain. Di sini siswa tak perlu menggunakan seragam sekolah. Begitu pun guru-guru. Pepohonan yang rindang dan lahan berkebun adalah bagian dari Sekolah Alam.

Proses belajar tidak hanya dilakukan dalam saung atau kelas. Seperti kali ini, seluruh murid kelas 5 belajar sambil bermain di kebun.

Pertama mereka belajar teknik mendayung perahu dan berenang menyusuri danau. Sebelum beraksi, mereka tak lupa melakukan pemanasan agar tidak cedera. "Di sini anak anak lebih bebas dalam tanda kutip, artinya di sini mereka lebih bebas berkreasi," ujar Ira, orangtua seorang siswa, belum lama ini.

Konsep Sekolah Alam ini juga sempat dipertanyakan orangtua murid. Mereka menganggap anak akan terlalu banyak bermain.  Tapi Sekolah Alam sengaja menerapkan konsep pembelajaran yang menyenangkan. Tujuannya agar si anak tidak merasa terpaksa ke sekolah.

"Ada 3 kurikulum yang diterapkan. Kurikulum pertama etika, kedua, kurikulum logika science, dan ketiga, kurikulum leadership," jelas Ketua Yayasan Sekolah Alam Depok Edifirizal.

Meski berbeda dengan sekolah pada umumnya, lulusan Sekolah Alam bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.(Dji/Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini