Iran Sukses Uji Coba 3 Jenis Rudal Terbaru

on Apr 14, 2013 at 20:00 WIB

Militer Iran mengklaim telah berhasil menguji coba 3 jenis rudal terbaru buatan mereka. Keberhasilan uji coba rudal tersebut diumumkan pada Sabtu 13 April kemarin oleh Angkatan Darat Iran.

"Tiga tipe rudal yang dikembangkan oleh tentara dan industri pertahanan telah sukses ditembakkan dari pusat latihan perang baru-baru ini," kata pejabat militer Iran Jenderal Kioumars Heydari seperti dikutip Fars News, Sabtu (13/4/2013).

Namun, Heydari menolak untuk menyebutkan spesifikasi ketiga jenis rudal terbaru Iran itu. Dia hanya menyebut rudal antar permukaan itu berbeda dengan tipe Rudal Naze'at-10 dan Fajr-5 yang selama ini diproduksi.

Heydari menambahkan, militer Iran juga akan menampilkan kendaraan pengangkut personel yang baru dalam parade Hari Tentara Nasional Iran yang jatuh pada 18 April mendatang.

Selain itu, Iran juga telah menguji coba Rudal Naze'at-10 dan Fajr-5 selama latihan militer di Iran Tengah pada pertengahan Maret yang lalu. Misil-misil itu ditembakkan sejak hari pertama latihan yang berlokasi di sekitar Kashan atau tepatnya sekitar 340 di selatan Teheran.

Rudal Fajr-5 memiliki jangkauan sekitar 75 kilometer, sedangkan Naze'at-10 merupakan rudal antar benua berjangkauan menengah.

Iran menyatakan, latihan militer itu hanya ditujukan untuk tujuan deterrent atau daya gertak saja. "Ketika musuh melihat kekuatan tempur kami siaga di zona perang dan jari mereka siap menembak, mereka tidak akan berani menginvasi perbatasan Iran," kata pejabat militer Iran Jenderal Ahmad Reza pada Januari silam. (Eks)

Credit Eks

Suka artikel ini?

0 Comments