Sukses

VIDEO: Daftar Panjang Kecelakaan Lion Air

Sekitar 13 tahun Lion Air mengudara, tercatat beberapa kali insiden yang melibatkan maskapai berlogo singa merah ini. Sebagian besar kejadian karena pesawat tergelincir dari landasan pacu.

Sekitar 13 tahun  Lion Air mengudara, tercatat beberapa kali insiden yang melibatkan maskapai berlogo singa merah ini. Sebagian besar kejadian karena pesawat tergelincir dari landasan pacu.

Insiden jatuhnya pesawat JT 904 jurusan Bandung-Denpasar  di ujung landasan pacu Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, menambah daftar insiden maskapai penerbangan ini. Pesawat yang membawa 101 penumpang dengan 7 kru  jatuh di perairan Pantai Segara, Kuta, Bali.

Seluruh penumpang selamat meski ada 2 penumpang yang terpaksa harus menjalani rawat inap di rumah sakit setempat karena luka yang dideritanya.

Dalam insiden itu, badan pesawat patah menjadi dua. Padahal pesawat jenis Boeing 737-800 Next Generation ini terhitung masih baru dan jam terbang pesawat ini masih sedikit, yaitu 146 jam.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait mengatakan, "Pesawat ini kami terima bulan Maret tahun ini. Baru dua bulan. Dia dalam posisi laik terbang."

Berbagai masukan dihimpun untuk mengungkap penyebab di balik insiden jatuhnya Lion Air di ujung landasan pacu Bandara Ngurah Rai.

Dua tahun pertama mengudara, Lion Air gagal mengudara di Bandar Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru. Pada akhir Oktober 2003, pesawat bernomor penerbangan JT 787 keluar runway saat landing di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Pada 2004, terjadi 2 kali insiden pendaratan tidak sempurna di Bandara Sultan Mahmud Badarudin, Palembang, dan di Bandara Adi Sumarmo, Solo.

Sedikitnya 5 kali insiden sepanjang 2005. Salah satunya ban kempes di bandara Wolter Monginsidi, Kendari.

Begitu pula di 2006. Tiga kali pesawat Lion Air mengalami pendaratan tidak sempurna dan sekali pesawat rute Pekanbaru-Jakarta batal lepas landas karena gangguan roda kiri.

Pada  2007, kasus serupa menimpa Lion Air rute Banjarmasin-Surabaya. Dua tahun kemudian, tepatnya di Bandara Hang Nadim, pesawat rute Medan-Batam-Surabaya gagal mendarat karena roda depan macet.

Selanjutnya, pada 2010 dan 2011, tercatat 3 kali kejadian pendaratan yang tidak sempurna. Terakhir, pesawat JT 904 dari Bandung menuju Denpasar jatuh di ujung landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Denpasar. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini