Sukses

Megawati: Saya Pilih Mereka yang Berbakti ke Partai dan Rakyat

Megawati mengaku selalu mencari informasi dari bawah soal kader-kader PDIP, baik untuk eksekutif maupun legislatif.

Akhirnya, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri angkat bicara soal pilihan pada pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sujatmoko di pemilihan gubernur Jawa Tengah.

"Saya memilih tentu dipikir secara matang. Pemikiran ketua umum bukan hanya untuk orang per orang. Yang namanya kehidupan berpartai harus bisa langggeng dan abadi," kata Megawati dalam acara Deklarasi Pasangan Ganjar-Heru di Solo, Jawa Tengah, Minggu (14/4/2013).

Megawati mengatakan, dirinya hanya menghendaki mereka yang membaktikan dirinya untuk partai dan rakyat. "Tanpa demikian, orang-orang ini akan saya ganti. Kalau ada anggapan ibu pilih kasih, itu salah sama sekali. Saya selalu mendengar suara dari bawah," kata istri Taufiq Kiemas tersebut.

Hal ini juga berlaku di lingkungan legislatif. Megawati mengaku selalu mencari informasi dari bawah soal kader-kader PDIP. Ia bilang, "Kalau tidak ada kontribusinya, mereka tidak masuk atau ditaruh di bagian kaki."

Keputusan memilih Ganjar mengejutkan. Banyak pihak menduga PDIP akan memilih Rustriningsih, wakil gubernur Jawa Tengah incumbent.

Dalam beberapa kesempatan, Rustriningsih tak bisa menyembunyikan kekecewaannya. "Proses rekruitmen sebagian calon gubernur lebih merupakan pilihan elit-elit politik yang bersifat pragmatis, berlandaskan sikap suka atau tidak suka serta mengesampingkan aspirasi konstituen dan masyarakat umum," kata Rustriningsih di Semarang, Jumat (12/4/2013). (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini