Sukses

KNKT Khawatir Kotak Hitam Lion Air Rusak

Kotak hitam pesawat Lion Air yang mendarat di laut dekat Bandara Ngurah Rai Denpasar akan diterbangkan ke Jakarta.

Black box atau kotak hitam pesawat Lion Air yang mendarat di pantai dekat Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, telah diamankan. Rencananya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan membawa kotak hitam tersebut ke Jakarta untuk proses penyelidikan.

"Untuk kotak hitam sudah diamankan dan rencananya akan dibawa ke KNKT Jakarta, mungkin nanti sore," kata Ketua Sub Komite Penelitian Kecelakaan Transportasi KNKT Masruri kepada Liputan6.com, Minggu (14/4/2013).

Masruri memastikan kondisi kotak hitam pesawat Lion Air tersebut kondisinya masih utuh. Namun, KNKT khawatir kotak hitam itu mengalami kerusakan. "Karena terkena air laut, bisa saja berpengaruh. Ada sambungan-sambungan dan baterenya bisa terpengaruh," ujarnya.

Saat ini, sambung dia, KNKT tengah mempersiapkan alat untuk membungkus kotak hitam itu sebelum dibawa ke Jakarta. "Kami mempersiapkan packaging, karena kotak hitam sudah terkena air laut," tutur Masruri.

Pesawat yang mengangkut 95 penumpang dewasa, 3 anak-anak, 1 bayi, dan 7 awak itu mendarat di pantai, di ujung barat landasan pacu Bandara Ngurah Rai, Sabtu 13 Maret, sekitar pukul 15.35 Wita.

Badan pesawat yang bertolak dari Bandara Husein Sastranegara menuju Bandara Ngurah Rai Denpasar itu terbelah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini