Sukses

Rustriningsih: Ada Calon Gubernur Tak Diharapkan Warga

Rustriningsih gagal bersaing dengan Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur Jawa Tengah yang diusung PDI Perjuangan.

Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah telah menetapkan 3 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Namun, dari 3 pasang calon itu, ada 1 calon yang dinilai tak diharapkan warga Jawa Tengah.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih. Menurutnya, tidak semua calon gubernur yang ditetapkan KPU merupakan aspirasi murni dari para konstituen partai yang mengusungnya, bahkan dalam konteks yang lebih luas adalah masyarakat Jawa Tengah.

"Proses rekruitmen sebagian calon gubernur lebih merupakan pilihan elit-elit politik yang bersifat pragmatis, berlandaskan sikap suka atau tidak suka serta mengesampingkan aspirasi konstituen dan masyarakat umum," kata Rustriningsih di Semarang, Jumat (12/4/2013).

Menurutnya, politik transaksional juga masih mewarnai proses rekruitmen calon gubernur yang pada akhirnya tidak memberikan manfaat bagi konstituen atau masyarakat umum. "Melainkan hanya memberikan keuntungan bagi beberapa gelintir elit politik," ujar kader PDI Perjuangan itu.

Kedua hal tersebut, katanya, jelas bukan merupakan pendidikan politik yang baik bagi rakyat yang berisiko menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

Rustriningsih menjelaskan, pernyataannya tersebut tidak diungkapkan tanpa ada dasarnya karena beberapa bulan terakhir dirinya telah mengikuti perkembangan dan dinamika politik yang terjadi di tengah masyarakat Jawa Tengah.

Pernyataan ini berdasarkan informasi dari berbagai elemen masyarakat, pendukungnya, dan media massa. "Serta bukan bentuk kekecewaan pihaknya karena tidak mendapat rekomendasi dari partai untuk maju sebagai calon gubernur," ujar mantan Bupati Kebumen yang menjabat selama dua periode.

Ia mengharapkan ke depannya elit-elit politik partai lebih jujur dan transparan dalam proses rekruitmen calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Dalam keterangannya, Rustriningsih juga memberikan selamat kepada KPU Jateng yang telah resmi menetapkan tiga pasangan calon gubernur yang akan maju pada Pilgub 2013.

Rustriningsih merupakan bakal calon gubernur yang mengukuti proses rekruitmen melalui PDI Perjuangan, bersama Ganjar Pranowo, Hadi Prabowo, dan Don Murdono. Namun, PDIP akhirnya memilih Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur yang akan diusung dalam pilkada nanti.

Seperti diketahui, dalam Pilkada Jawa Tengah mendatang, akan diikuti 3 pasang calon. Mereka adalah Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmiko yang diusung PDIP, Bibit Waluyo-Sudidjono (Partai Demokrat-Golkar), dan Hadi Prabowo-Don Murdono (Gerindra-PKS). (Ant/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini