Sukses

VIDEO: Terjebak Lahar Dingin, Truk Ganggu Jalur 2 Kecamatan

Sebuah truk pengangkut pasir di Lumajang, Jatim, terjebak di aliran lahar dingin Gunung Semeru di Sungai Rejali.

Sebuah truk pengangkut pasir di Lumajang, Jawa Timur, terjebak di aliran lahar dingin Gunung Semeru di Sungai Rejali. Posisi truk yang miring, membuat jalur alternatif penghubung 2 kecamatan yaitu Pasirian dan Tempursari menjadi terganggu.

Dijumpai SCTV, Jumat (12/4/2013), sopir truk itu mengaku panik. Sebab air sungai tiba-tiba deras dan tinggi. Hingga pada akhirnya truk hilang kendali dan nyaris terbalik.

Akibat lahar dingin datang, kerap menyebabkan putusnya jalur alternatif penghubung Kecamatan Tempursari dan Pasirian terganggu. Namun tetap saja sejumlah warga melintas di aliran lahar dingin itu.

Pemandangan ini sudah sering terjadi. Warga sekitar aliran Sungai Regoyo, Lumajang, Jawa Timur, Kamis 10 November 2011, nekat menerjang banjir lahar dingin Gunung Semeru. Untuk menghindari korban, masyarakat saling membantu, termasuk mendorong atau mengangkat sepeda motor.

Seorang warga Desa Kalibendo, Lumajang, pernah nyaris terseret derasnya lahar dingin Gunung Semeru, 9 Mei 2011 lalu. Namanya Paimo. Kejadiannya berlangsung saat mengendarai sepeda motor.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.