Sukses

Komnas HAM: Penyerang Lapas Sleman 14 Orang, Bukan 11

Temuan ini membantah hasil investigasi TNI AD bahwa penyerangan yang menewaskan 4 tahanan itu dilakukan 11 anggotanya.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menemukan fakta bahwa penyerangan di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta, dilakukan oleh 14 orang. Temuan ini membantah hasil investigasi TNI AD bahwa penyerangan yang menewaskan 4 tahanan itu dilakukan 11 anggotanya.

"Berdasarkan rekonstruksi diperoleh fakta bahwa serangan terhadap Lapas Cebongan dilakukan sekurang-kurangnnya 14 orang," kata Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila di Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Diduga, kata Siti, pelaku menggunakan senjata laras panjang jenis AK-47, senjata laras pendek, dan masing-masing membawa 2 buah granat. Di lokasi juga ditemukan 21 proyektil dan 31 selongsong peluru.

"Satu di antaranya ditemukan oleh Komnas HAM dan sudah diserahkan ke penyidik Polda DIY," ucapnya.

Temuan Komnas HAM terkait pelaku penyerangan berbeda dengan temuan tim investigasi dari TNI AD. Sebelumnya, TNI AD meliris 11 orang pelaku penyerangan Lapas Sleman yang merupakan anggota Grup-2 Kopassus Kertasura. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini