Sukses

Pintu Air Manggarai Direnovasi, Jalan Tambak Ditutup 1 Tahun

Jalan yang akan ditutup tersebut meliputi jalan Tambak underpass lama pada bagian sisi barat, yang terdiri dari dua lajur satu arah dari Manggarai menuju ke Jalan Proklamasi.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menutup akses Jalan Tambak, Manggarai, Jakarta Selatan, selama lebih dari 1 tahun. Penutupan itu dilakukan karena adanya pekerjaan konstruksi daun pintu air Manggarai.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengatakan penutupan akses jalan tersebut dikarenakan sebagian jalan yang ditutup menjadi bagian dari area konstruksi pembangunan pintu air.

"Karena badan jalan jadi bagian dari proses pengerjaan, maka jalan tersebut akan ditutup," kata Pristono melalui pesan singkat yang diterima oleh Liputan6.com, Jumat (12/3/2013).

Pristono menjelaskan, jalan yang akan ditutup tersebut meliputi jalan Tambak underpass lama pada bagian sisi barat, yang terdiri dari dua lajur satu arah dari Manggarai menuju ke Jalan Proklamasi.

"Kemudian lalu lintas dari arah Jalan Sultan Agung dan jalan Minangkabau yang akan menuju Jalan Proklamasi dan Jalan Matraman, diarahkan melalui Jalan Tambak atau underpass baru di sisi timur atau jalan Cik Ditiro sampai Jalan Diponegoro," kata Pristono.

Dikarenakan pengerjaan pembangunan tersebut memakan waktu yang cukup lama. "Penutupan akan dilakukan mulai tanggal 19 April 2013 sampai 30 Juni 2014 baru akan dibuka kembali," katanya.

Ia pun mengatakan, pihaknya hingga saat ini telah melakukan sosialisasi penutupan jalan dengan memasang rambu-rambu lalulintas petunjuk dan pengumuman akan ditutupnya jalan tersebut.

"Selain itu, pada mendekati hari penutupan, kami juga akan menempatkan petugas pengatur jalan raya untuk mengatur lalulintas," katanya.

Ia mengimbau kepada para pengguna jalan, bila saat penutupan jalan nanti untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan tersebut. "Para pengguna jalan diharapkan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu – rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan dan mengutamakan keselamatan di jalan," kata dia. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.