Sukses

Jadikan Kota Tua Ikon Jakarta, Jokowi Panggil Ahli Cagar Budaya

Bersama timnya, Jokowi tengah berjibaku menggodok rencana pembangunan Kota Tua.

Tak sabar untuk segera mempercantik kawasan Kota Tua, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menemui Tim Penasihat Pelestarian Lingkungan dan Bangunan Cagar Budaya DKI. Bersama timnya, pria yang akrab disapa Jokowi ini tengah berjibaku menggodok rencana pembangunan Kota Tua.

"Kami bertemu dengan Pak Gubernur membahas konservasi Kota Tua di Jakarta. Beliau akan melakukan percepatan pembangunan Kota Tua dan menjadikannya sebagai ikon Jakarta," kata salah satu tim, Yuke Ardhiati di Balaikota, Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Yuke menuturkan, Jokowi akan membentuk tim khusus yang nantinya berisi para ahli tata kota dan tata ruang, serta ahli konservasi. Rencana ini tengah digosok oleh timnya.

"Ada banyak yang disampaikan oleh teman-teman. Kami menyinggung konseptualnya, memberikan masukan ke beliau sebagai pakar untuk lingkungan dan kawasan cagar budaya," tuturnya.

Sementara saat ditemui Kamis 11 April kemarin, Jokowi menyatakan, pembentukan tim penataan Kota Tua ini dilakukan agar pembangunan kawasan ini sebagai daya tarik wisatawan, khususnya mancanegara dapat segera terealisasi.

"Kota Tua ini sesuatu yang dapat menjadi magnet yang enggak kalah dengan kota-kota lainnya di dunia, makanya akan diberi sebuah persiapan khusus yang bisa mendorong percepatan ini," ucapnya.

"Kami sudah usulkan agar pengelolaan Kota Tua itu 1 atap, dikelola oleh Pemprov DKI. Sekarang ini banyak yang berwenang mengurus soal tata kelola Kota Tua, ada swasta, ada BUMN," pungkas Jokowi.(Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.