Sukses

Hatta Rajasa: Secara Serentak PAN Serahkan DCS ke KPU

Ketua Umum PAN Hatta Rajasa menyatakan partainya telah menerima ribuan berkas administrasi bakal calon legeslatif.

Ketua Umum PAN Hatta Rajasa menyatakan partainya telah menerima ribuan berkas administrasi bakal calon legeslatif, baik tingkat DPR maupun DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota. Pada Senin 15 April mendatang, PAN seluruh Indonesia baik tingkatan DPP, DPW, dan DPC akan menyerahkan Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS) ke KPU maupun KPUD.

"Mendengarakan laporan dari seluruh DPW mengenai kesiapan bakal calon legisltif provinsi dan kabupeten/Kota, maka secara serentak seluruh Indonesia kita menyerahkan Daftar Bakal Caleg kita pada Senin 15 April ke KPU maupun KPUD," kata Hatta saat konsilidasi ke Pengurus DPW PAN seluruh Indonesia di Gedung DPP PAN, Jakarta, Kamis  (11/4/2013).

Hatta menuturkan, dari 1.200 bakal caleg DPR yang mendaftar ke partai bernomor 8 itu, saat ini pihaknya sedang memproses untuk menyederhanakan menjadi 560 bakal caleg sebagai syarat penyerahan DCS ke KPU. Dengan harapan setelah sejumlah dokumen yang menjadi syarat untuk mendaftar sebagai caleg ke KPU harus lengkap, semua calon yang diusulkan harus persyaratannya semuanya lengkap.

"Karena kita memiliki 1.200-an bakal caleg, maka kita akan seleksi menjadi 560 sesuai kursi DPR. Setelah itu kita melakukan seleksi. Seleksi itu sudah kita tetapkan ukuran-ukurannya dan kita harus melakukan elaminasi agar sesuai DCS. Jadi lebih dulu kita sortir," ucap Menteri Koordinator Perekonomian itu.

Sementara Ketua DPP PAN Bara Hasibuan mengatakan, pertemuan DPW se-Indonesia untuk mempersiapkan pendaftaran DCS ke KPU. Sehingga sengaja pihaknya berkumpul untuk mendengarkan arahan dari Hatta.

"Malam ini kita kumpul sengaja pengurus DPW PAN seluruh Indonesia untuk persiapan DCS, karena kita ketahui pendaftaran sudah dibuka di KPU. Pendaftaran DCS berencana serahkan pada Senin. Malam ini kita kumpulkan masing-masing daerah DCS apa semua aspek sudah dipenuhi apa belum?" tutur Bara.

Terkait quota 30 persen kaum perempuan, PAN optimis bisa mencukupi hal itu sesuai DCS.

"Kita optimis sekali, PAN tidak kesulitan untuk mencapai quota kaum perempuan tersebut," pungkas Bara. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.