Sukses

Kapolri Mutasi 3 Jenderal

Imam Sudjarwo merupakan lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1980 yang dilatarbelakangi pengalaman bergabung dengan satuan Brigade Mobil (Brimob).

Jelang pemilu 2014, Markas Besar Polri kembali melakukan rotasi di jajaran Jenderal Bintang Tiga. Kali ini giliran beberapa petinggi Mabes Polri mengalami pergantian jabatan atau mutasi.

Berdasarkan Telegram Rahasia (TR) nomor ST/715/IV/2013 yang dikeluarkan tanggal 10 April 2013 itu menerangkan ada tiga jenderal yang dirotasi.

Memasuki periode kepemimpinana selanjutnya, Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Kabaintelkam) Komisaris Jenderal Polisi Imam Sudjarwo dipercayakan mengemban jabatan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri.

Imam Sudjarwo merupakan lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1980 yang dilatarbelakangi pengalaman bergabung dengan satuan Brigade Mobil (Brimob). Imam juga sempat menjabat sebagai Kepala Korps Brimob Polri dari 2009 hingga 2010.

Sedangkan Komisaris Jenderal Fajar Prihantoro yang sebelumnya menjabat Irwasum Polri akan segera memasuki masa pensiun. Kapolri memutuskan pria bintang 3 ini untuk dimutasikan sebagai Perwira Tinggi di Pelayanan Markas (Pati Yanma) Polri.

Sementara, Wakil Kabaintelkam Polri Irjen Pol Suparni Parto diamanahkan mengisi Kabaintelkam Mabes Polri menggantikan Imam Sudjarwo. Kenaikan jabatan Suparni ini juga menaikkan pangkatnya dari polisi Jenderal Bintang 2 menjadi Bintang 3. Nama Suparni Parto ini disebut-sebut sebagai calon Kapolri.

Untuk jadwal serah terima jabatan belum dapat dipastikan kapan digelar. "Belum tahu, Kapolri masih dengan Menko Polhukam di luar negeri," jelas Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Suhardi Alius saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (11/3/2013). (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.