Turis Belanda Tertarik Pelaksanaan Pilkades di Jawa Tengah

  • Citizen6
  • 0
  • 10 Apr 2013 17:42

130310cturis.jpg
Citizen6, Klaten: Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang sedianya berlangsung serentak di Jawa Tengah pada, Kamis (11/4) ternyata menarik perhatian wisatawan mancanegara. Mereka menilai bahwa pelaksanaan pemimpin pada tingkat desa seperti ini merupakan realisasi demokrasi di Indonesia.

Martina (25) seorang wisatawan asal Belanda mengungkapkan, pelaksanaan pemilihan seperti ini nyaris tak ditemui di negaranya. Karena itu pihaknya sangat gembira dapat menyaksikan peristiwa seperti ini saat berkunjung ke Indonesia. "Negara kami adalah negara kerajaan, jadi pemilihan seperti ini jelas tak mungkin kami temukan di Belanda. Ini wujud demokrasi yang pantas dibanggakan," ujar Martina ketika ditemui di sela-sela kegiatan pengundian gambar Pilkades di Balaidesa Kokosan, Prambanan, Klaten.

Martina mengungkapkan kunjungannya ke Indonesia memang tidak secara khusus untukl menyaksikan pemilihan kepala desa tersebut, karena rencananya dia hanya ingin bersepeda lintas desa selama berada di wilayah Prambanan.  "Ketika saya melintas ke desa ini, kami malah melihat ada peristiwa ini. Ini sangat menarik dan unik," ujar Martina.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Desa Kokosan Mulyanto mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pilkades di Kokosan  diikuti oleh 5 orang calon yaitu: Suparjo (Padi), Sumarmo (Ketela), Sehono (Jagung), Kurniawan Sumartin (Kelapa), dan Sri Muryati (Kacang). Para calon tersebut telah menyampaikan ini menyampaikan visi misinya pada, Rabu 10 April 2013 akan dipilih secara langsung lewat mekanisme coblosan pada, Kamis (11/4).

"Kami selaku panitia berharap agar semua calon kades dapat menjaga ketentraman, karena peristiwa semacam ini rawan konflik," ujar Mulyanto.

Pilkades di Kokosan dilaksanakan bersamaan dengan sekitar 247 desa lain seKabupaten Klaten. Nantinya, calon terpilih akan dilantik langsung oleh Bupati untuk periode jabatan 2013-2019. Untuk wilayah Kokosan sendiri, tercatat jumlah pemilih ada 1550 suara. (Sulistyawan/YSH)

Sulistyawan adalah pewarta berita warga

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com.
Terpopuler