Sukses

Polri Belum Tahu SBY Akan Ganti Kapolri Timur Pradopo

Polri menilai tidak ada urgensi untuk mengganti Kapolri dalam waktu dekat. Bahkan Kapolri baru memasuki masa pensiun pada 2014.

Dalam laman setkab.go.id, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan mengganti Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono dan Kapolri Jendral Timur Pradopo pada Agustus atau September nanti. Namun, Polri mengaku belum tahu ada rencana tersebut.

"Sampai hari ini Polri belum ada konfirmasi tentang rencana pergantian Bapak Kapolri kita, Timur Pradopo," kata Karo Penmas Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2013).

Menurut Boy, tidak ada urgensi untuk mengganti Kapolri dalam waktu dekat. Bahkan usia Kapolri juga baru memasuki masa pensiun pada 2014. "Merujuk pada usia pensiun dari Pak Kapolri itu Januari 2014. Kalau ada rencana lain belum ada pemberitahuan, tapi sampai saat ini belum ada," terangnya.

Namun bila itu pencopotan jabatan Kapolri dilakukan dalam waktu dekat, maka itu hak prerogatif Presiden RI. Selain itu, adalah hak prerogatifnya pula untuk menunjuk pengganti Timur Pradopo. "Sepengetahuan kami, itu hak prerogatif Presiden RI. Tapi presiden dapat juga menerima masukan-masukan, termasuk Kompolnas bisa memberi masukan," ujar Boy.

Dalam wawancara yang dilakukan di Wisma Negara, SBY menyebutkan Kapolri perlu diganti dengan figur baru yang cakap dan bisa menjalankan tugas. Tidak hanya mengamankan Pemilu 2014, tapi juga berbagai gangguan keamanan. "Saya tidak menyatakan seperti itu (tidak puas dengan Kapolri). Permasalahan yang menyangkut keamanan masyarakat memang kompleks, tidak mudah menyalahkan Kapolri," tutur SBY seperti dikutip dari laman Setkab. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini