Sukses

Buruh 'Pemanasan' Goyang Reggae di Bundaran HI

Sebelum berunjuk rasa di depan Bundaran HI, Jakarta, buruh melakukan pemanasan dengan bergoyang Reggae.

Sebelum long march ke Kantor Kementerian BUMN dan Menkokesra, massa Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) melakukan pemanasan. Mereka bergoyang dengan diiringi dentuman musik reggae yang diputar di atas mobil komando.

"Ayo kita berjoget bersama, sebelum kita bergerak. Semua berkumpul bersatu di belakang mobil komando," kata Nurdin, orator aksi dari atas mobil komando di Bundaran HI, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Nurdin meminta masa berkumpul, agar tuntutan tercapai. Dan meminta buruh jangan terkotak-kotak. "Tolak upah murah, tolak union busting, tolak preman," ucapnya.

"Laksanakan jaminan kesehatan, tidak hanya buruh, tapi juga untuk polisi, tentara, dan wartawan. Revisi Peraturan Menteri Kemenakertrans Nomor 13 Tahun 2012 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak," teriak Nurdin.

Dalam aksi ini arus lalu lintas padat merayap dari arah Jalan Sudirman menuju Jalan Thamrin, Jakarta. Para buruh meminta pihak polisi yang mengamankan aksi mereka untuk setia mengawal jalannya unjuk rasa.

Sementara demonstrasi ini akan dilakukan serentak di 5 kota di Indonesia, seperti di Medan, Bandung, Batam, Semarang, dan Surabaya. Aksi ini sebagai bentuk pemanasan atau permulaan menjelang May Day 1 Mei mendatang. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.