Banyak Unjuk Rasa di Jakarta, Waspada Titik-titik Berikut

on

Sejumlah aksi unjuk rasa dari berbagai kelompok atau organisasi bakal digelar di DKI Jakarta. Sebagian besar demonstrasi dilakukan oleh buruh untuk menuntut kesejahteraan karyawan.

Informasi yang diterima Liputan6.com, Rabu (10/4/2013) pagi, demonstrasi akan digelar di sejumlah titik Ibukota, terutama Jakarta Pusat. Berikut titik-titik demonstrasi selengkapnya.

1. Persatuan Penggiat Usaha Stasiun Sejabodetabek & BEM UI akan ke KOMNAS HAM untuk melaporkan penggusuran paksa dan kekerasan yang dilakukan PT. KAI, Polisi dan Marinir terhadap pedagang stasiun Kalideres, warga dan mahasiswa Universitas Indonesia (UI).

Pengaduan ini akan dilakukan pada Rabu 10 April pukul 13.30 WIB di Komnas HAM, Jalan Latuharhary 4B, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Federasi Perjuangan Buruh Indonesia (FPBI) akan kembali turun ke Jalan. Sebanyak 1000 buruh bakal melakukan aksi damai menuntut kesejahteraan kepada negara.

Sasaran aksi: Mabes Polri, Mahkamah Agung, Istana Negara dan DPR RI. Adapun aksi dimulai di depan Mabes Polri pada pukul 10.30 WIB dan dilanjutkan ke sasaran berikutnya.

3. Aksi Geber BUMN akan dilakuka sejumlah organisasi yakni LBH JAKARTA selaku pendamping hukum, KASBI, Federasi OPSI, Federasi ASPEK, Federasi BUMN BERSATU, Federasi BUMN Strategis, FSP LEM, FSPMI, SP PLN, SKASI-Askes, Pensiunan Perum Peruri, Forum Pegawai Merpati, Serikat Karyawan Jasa Marga, SEKAR-ACS, SPKAJ, TURC, PPMI, SEJAGAD-TELKOM, Serikat Karyawan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, SP Indonesia Ferry, SP Indonesia Power, SP Antara, SP PNRI, SP BP, SP YANTEK-PPMI. FKK PT DI.

Tuntutan Geber BUMN BUMN dalam aksi tersebut yakni menuntut Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan yang merupakan atasan perusahaan BUMN di Indonesia harus bertanggung jawab menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan di perusahaan BUMN. Di antaranya, sistem kerja outsourcing, kebebasan berserikat, upah di bawah minimum, manfaat pensiun.

4. Aksi Masyarakat Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) Se-Jabodetabek akan diikuti 10 ribu buruh pada Rabu 10 April, dengan titik kumpul jam 10.15 WIB di bundaran HI. Massa akan long march ke Kantor Menko Kesra jam 11.00-13.30 WIB. Pada jam yang sama, sekitar 1.000 buruh outsourcing BUMN, PLN, Telkom, dan Pertamina akan longmarch ke Kantor Meneg BUMN.

Kemudian, mulai jam 14.00-17.00 WIB, aksi long march akan dilakukan di Kemenkes. Sebagian buruh lainnya akan menggelar aksi di Kemenakertrans. Tuntutan aksi adalah revisi Perpres No.12/2013 tentang Jaminan Kesehatan, PP No 101/2012 tentang PBI (Penerima Bantuan Iuran).

Aksi serempak juga dilakukan ribuan buruh di 8 kota, yakni Bandung, Surabaya, Semarang, Batam, dan Medan.

5. Unjuk rasa oleh Serikat Pekerja Citibank akan digelar pada Rabu 10 April di Bapindo Plaza/Citibank Tower di Jalan Jenderal Sudirman Kav 54-55, Jakarta, pukul 12.00-13.00 WIB. (Riz)

Suka artikel ini?
Rizki Gunawan
Rizki Gunawan

  Full bio »

0 Comments